Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Capai Minus Derajat, Ini Tips untuk Wisatawan yang Akan ke Dieng

Kompas.com - 19/05/2019, 12:23 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Suhu udara di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak beberapa waktu terakhir sangat dingin. Bahkan, Sabtu (18/5/2019) lalu suhu udara pada pagi hari mencapai minus 1 derajat celcius.

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto meminta wisatawan yang akan berkunjung di kawasan Dieng melakukan persiapan khusus dengan membawa perlengkapan yang memadai.

"Khususnya untuk wisatawan yang akan menginap, perlu membawa ekstra jaket. Kalau yang mau menikmati sunrise harus membawa kaos kaki, penutup kepala, dan sepatu," kata Aryadi saat dihubungi, Minggu (19/5/2019).

Baca juga: Embun di Dieng Membeku Jadi Es, Ini Penjelasan BMKG

Aryadi mengatakan seusai munculnya fenomena embun membeku menjadi es (bun upas) Sabtu (18/5/2019), pagi ini (19/5/2019) suhu udara di kawasan pegunungan dengan ketinggian sekitar 2.090 mdpl tersebut berangsur normal.

"Hari ini tidak muncul lagi bun upas, suhu pagi tadi antara 2 hingga 3 derajat celcius. Informasi saja, suhu dingin hanya terjadi pada malam hingga pagi hari saja, setelahnya panas, suhu normal seperti biasa," jelas Aryadi.

Baca juga: Suhu Minus 1 Derajat Celsius di Dieng, Embun Membeku Jadi Es

Aryadi mengatakan, suhu dingin yang terjadi di kawasan Dieng kemungkinan karena memasuki masa peralihan, dari musim hujan ke musim kemarau.

"Biasanya tidak sedingin ini. Suhu normal pada malam hari biasanya antara 10 hingga 15 derajat celcius, kalau sekarang suhunya antara 5 hingga 10 derajat celcius," ujar Aryadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com