KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Wali Kota Semarang Resmikan Pesta Diskon Semagres 2023

Kompas.com - 29/10/2023, 10:38 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu secara resmi membuka Pesta Diskon Semarak Semarang Great Sale (Semargres) 2023 di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (28/10/2023). Adapun festival ini akan dilaksanakan mulai Rabu (1/11/2023) hingga Kamis (30/11/2023)

Gelaran Semagres ke-12 itu dilakukan bersamaan dengan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan dan Safari Rupiah Special Edition bertajuk “The Jewel of Central Java”.

Wali Kota yang akrab disapa Mbak Ita itu mengatakan bahwa Semargres digelar dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang.

"Semargres 2023 dapat mendorong konsumsi masyarakat serta menjadi magnet atau daya tarik wisatawan untuk datang ke Kota Semarang. Semoga, Semargres juga bisa menghadirkan multiplier effect bagi perputaran perekonomian di Kota Semarang," kata Mbak Ita dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (29/10/2023).

Gelaran Semargres, lanjut dia, juga menjadi upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk memberikan layanan terbaik bagi warga. Sebab, gelaran ini akan menghadirkan diskon menarik dari berbagai merchant.

Baca juga: Wujudkan Generasi Emas 2045, Pemkot Semarang Perbanyak Sekolah Swasta Gratis

Mbak Ita menjelaskan, Semargres juga menjadi upaya Pemkot Semarang untuk mendorong digitalisasi. Pasalnya, semua transaksi pada gelaran ini menggunakan QRIS.

"Kami berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong digitalisasi lewat gelaran ini,” ucap Mbak Ita.

Dia pun berharap, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jateng, khususnya Kota Semarang, dapat tumbuh semakin kuat. Selain itu, kesadaran masyarakat terhadap literasi keuangan dan pembayaran digital juga diharapkan dapat lebih berkembang.

Senada dengan Mbak Ita, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara juga berharap, Semargres 2023 dapat menggeliatkan sektor pariwisata dan perekonomian Kota Semarang.

“Gelaran sebelumnya berhasil mencatatkan transaksi sesuai target, yakni Rp 300 miliar. Semoga, (transaksi pada gelaran kali ini) bisa naik 20 persen,” kata Arnaz.

Baca juga: Kagum dengan Teknologi Pertanian di Nusaputera, Mbak Ita: Urban Farming yang Sangat Modern

Pada kesempatan itu, Ketua Semargres 2023 Ade Pramudito menjelaskan teknis penyelenggaraan Semargres 2023.

“Seluruh pihak yang terlibat, mulai dari hotel, restoran, toko retail, sampai pasar tradisional dan pedagang kaki lima (PKL) akan menggunakan aplikasi Semargres. Saat belanja, warga pun akan menggunakan aplikasi yang juga menyediakan fitur kupon digital. Kupon ini akan diundi untuk mendapatkan hadiah,” jelas Ade.

Ade menambahkan, sebanyak 15 pasar dan PKL di Kota Semarang terlibat pada gelaran Semargres 2022. Adapun Pasar Wonodri mencatatkan transaksi terbesar. Pasar ini mengeluarkan 2.000 kupon dalam sehari.

“Tingginya transaksi di pasar diharapkan dapat meningkatkan perputaran ekonomi,” imbuh Ade.

Sebagai informasi, peresmian Semargres 2023 turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng Sumarno, Dewan Komisioner OJK Dian Ediana Rae, Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng Rahmat Dwisaputra, dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) Semarang.

 

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com