Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Minus 1 Derajat Celsius di Dieng, Embun Membeku Jadi Es

Kompas.com - 18/05/2019, 13:50 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dian Maharani

Tim Redaksi


BANJARNEGARA, KOMPAS.com — Fenomena embun yang membeku menjadi es kembali muncul di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019) pagi.

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, fenomena tersebut terlihat di kompleks Candi Arjuna, tepatnya di lapangan sebelah timur candi sekitar pukul 06.00 WIB.

"Tadi pagi muncul, saya ke lapangan candi pukul 06.00 WIB ternyata ada esnya, tidak terlalu luas, hanya selapangan. Saya lihatnya hanya di lapangan, enggak lihat di tempat lain, di candinya malah enggak ada," kata Aryadi saat dihubungi, Sabtu (18/5/2019).

Baca juga: Penjelasan BMKG soal Cuaca Dingin di Indonesia, Termasuk Embun Es di Dieng

Aryadi mengatakan, fenomena tersebut terjadi karena suhu udara di kawasan yang berada di ketinggian 2.090 tersebut tadi pagi mencapai minus 1 derajat celsius.

"Biasanya embun membeku saat 0 derajat, kebetulan tadi pagi minus, mungkin pukul 03.00 WIB atau 04.00 WIB suhunya di bawah 1 derajat celsius," ujar Aryadi.

Aryadi mengatakan fenomena yang biasa disebut warga setempat bun upas itu hampir terjadi setiap tahun, khususnya saat memasuki musim kemarau. Selain di kawasan candi, fenomena itu bisa muncul di kawasan perkebunan hingga permukiman warga.

Baca juga: Embun Upas Turun Lagi, Ada Bunga Kristal di Dieng

"Tahun ini baru pertama karena biasanya keluar saat kemarau, sekarang masih hujan sebenarnya, kemarin-kemarin masih gerimis, tapi dua hari terakhir tidak hujan, paginya muncul es," kata Aryadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com