Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tertutup Longsor, Jalan Raya Banjarnegara-Dieng Dibuka Kembali

Kompas.com - 18/03/2019, 13:38 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Jalan raya Banjarnegara-Dieng, tepatnya di Tanjakan Sikelir, Desa/Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jateng tertutup longsor, Minggu (17/3/2019) malam.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arif Rachman mengatakan, Senin (18/3/2019) siang sudah dapat dilalui kendaraan bermotor.

Tim gabungan telah membersihkan material longsor yang menutup jalan.

“Kejadiannya semalam, kami langsung menangani, semua relawan tenaga kami sudah di lokasi. Siang ini jalan sudah dibuka, sudah bisa dilalui kendaraan bermotor,” katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (18/3/2019).

Baca juga: Kabupaten Bantul Jadi Wilayah Terbanyak Terdampak Banjir dan Longsor

Ia mengimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati ketika melintasi jalur tersebut.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan terjadi longsor susulan, karena pada bagian atas tebing terdapat beberapa retakan tanah.

Dia menjelaskan, hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah setempat sejak, Jumat (16/3/2019) mengakibatkan tebing dengan ketinggian antara 30 meter-50 meter dan lebar 5 meter itu longsor.

Lokasi tersebut rawan longsor, karena tidak ada tanaman kayu keras.

“Lokasi longsoran merupakan tebing garapan dengan jenis tanah yaitu tanah liat dan tidak adanya kayu keras, sehingga rawan longsor,” ujar dia. 

Kompas TV Warga Negara Malaysia yang tertimbun longsor di Air Terjun Kelep berhasil dievakuasi. Korban berhasil diselamatkan setelah 2 jam proses evakuasi yang melibatkan ratusan tim gabungan. Proses evakuasi pun menggunakan alat manual karena medan yang sangat sempit dan licin akibat guyuran hujan. Korban baru ditemukan dalam kondisi tewas dengan kondis terhimpit dua batu besar. Korban langsung dibawa ke rumah sakit Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sementara, untuk korban selamat lainnya dibawa ke puskesmas dan rumah sakit terdekat. Dari 24 wisatawan yang terjebak, tiga meninggal dunia dan 21 selamat. Dari 21 korban 14 WNA Malaysia selamat dan 7 merupakan WNI. #GempaLombok #GempadiLombok #WNITerjebakLongsor
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com