Salin Artikel

Sempat Tertutup Longsor, Jalan Raya Banjarnegara-Dieng Dibuka Kembali

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Jalan raya Banjarnegara-Dieng, tepatnya di Tanjakan Sikelir, Desa/Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jateng tertutup longsor, Minggu (17/3/2019) malam.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arif Rachman mengatakan, Senin (18/3/2019) siang sudah dapat dilalui kendaraan bermotor.

Tim gabungan telah membersihkan material longsor yang menutup jalan.

“Kejadiannya semalam, kami langsung menangani, semua relawan tenaga kami sudah di lokasi. Siang ini jalan sudah dibuka, sudah bisa dilalui kendaraan bermotor,” katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (18/3/2019).

Ia mengimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati ketika melintasi jalur tersebut.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan terjadi longsor susulan, karena pada bagian atas tebing terdapat beberapa retakan tanah.

Dia menjelaskan, hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah setempat sejak, Jumat (16/3/2019) mengakibatkan tebing dengan ketinggian antara 30 meter-50 meter dan lebar 5 meter itu longsor.

Lokasi tersebut rawan longsor, karena tidak ada tanaman kayu keras.

“Lokasi longsoran merupakan tebing garapan dengan jenis tanah yaitu tanah liat dan tidak adanya kayu keras, sehingga rawan longsor,” ujar dia. 

https://regional.kompas.com/read/2019/03/18/13380741/sempat-tertutup-longsor-jalan-raya-banjarnegara-dieng-dibuka-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke