Kabupaten Bantul Jadi Wilayah Terbanyak Terdampak Banjir dan Longsor

Kompas.com - 18/03/2019, 11:43 WIB
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi warga terdampak banjir di Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (17/3/2019). Hujan deras yang turun sejak Sabtu (16/3) mengakibatkan banjir dan tanah longsor di sejumlah titik Kabupaten Bantul ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAHTim SAR gabungan melakukan evakuasi warga terdampak banjir di Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (17/3/2019). Hujan deras yang turun sejak Sabtu (16/3) mengakibatkan banjir dan tanah longsor di sejumlah titik Kabupaten Bantul


YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kabupaten Bantul menjadi wilayah terbanyak terdampak banjir dan longsor.

Peristiwa banjir dan longsor ini akibat hujan deras yang terjadi pada Minggu (17/03/2019).

"Memang kemarin seharian hujan dari pagi sampai pagi lagi," ujar Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana, Senin (18/03/2010)


Hujan deras menyebabkan peningkatan volume debit air di sungai dan genangan air. Sehingga, ada beberapa pemukiman warga yang tergenang air dan terjadi tanah longsor.

Baca juga: Bantul Tetapkan Darurat Bencana Banjir dan Longsor Seminggu

Peristiwa banjir dan tanah longsor terjadi di Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulonprogo, dan Kabupaten Bantul.

"Paling parah indikatornya kalau bicara kabupaten, kecamatan yang paling banyak terdampak Bantul," ungkapnya.

Wilayah terdampak di Kabupaten Bantul meliputi 14 kecamatan dan 35 desa, dengan rincian 26 desa ada di 10 kecamatan terdampak banjir dan 9 desa di 4 kecamatan terdampak longsor.

Dilihat dari dampaknya, di Kabupaten Bantul terdapat dua korban meninggal dunia.

Kedua korban meninggal yakni Sudiatmojo (80) warga Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri dan Painem (70), warga Karang Tengah, Kecamatan Imogiri.

Sementara, ada dua orang korban tanah longsor di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul yang masih dalam proses pencarian.

"Ada dua orang yang belum ditemukan. Pagi ini dilanjutkan proses evakuasi, karena tadi malam kondisi gelap dan hujan," tegasnya.

Jumlah warga terdampak keseluruhan untuk seluruh wilayah DIY sebanyak kurang lebih 5.046 jiwa. Dari jumlah tersebut di Kabupaten Bantul terdapat 4.427 korban.

Kompas TV Banjir bandang yang terjadi di Sentani, Papua telah mengakibatkan sedikitnya 70 orang meninggal dunia. Dari pantauan gambar udara di Kota Sentani, Minggu (17/3) siang, terlihat dampak banjar bandang hampir terjadi di Sentani, khususnya di wilayah Doyo dan merusak sebagian besar bangunan di Kota Sentani. Banjir juga terlihat menghancurkan hanggar dan pesawat twin otter yang terletak di lapangan terbang Adventis Doyo. #BanjirSentani #BanjirBandangSentani #PrayForSentani

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X