Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Jatim: Aksi Aiptu Sujadi Selamatkan 2 Anak Terjebak Banjir di Tol Bukan Pencitraan

Kompas.com - 11/03/2019, 16:44 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Aksi heroik Aiptu Sujadi menolong satu keluarga yang terjebak banjir di Tol Ngawi-Kertosono menuai pujian banyak pihak, juga dari pihak kepolisian. Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan juga tak segan memuji aksi anggotanya tersebut.

Menurut dia, aksi heroik yang dilakukan anggota Satlantas Polres Kediri tersebut menjadi motivasi bagi semua anggota Polri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat agar lebih responsif terhadap kejadian yang menimpa masyarakat. 

Luki menegaskan, aksi Aiptu Sujadi menyelamatkan keluarga yang terjebak banjir di area Tol Ngawi-Kertosono bukan pencitraan dan bukan dibuat-buat.

Baca juga: Kesaksian Satu Keluarga Terjebak Banjir di Ruas Tol Ngawi-Kertosono, Sempat Menangis Putus Asa

"Aksi itu murni karena Aiptu Sujadi ingin menolong keluarga yang terjebak banjir. Bukan pencitraan dan bukan dibuat-buat," kata Luki saat memberikan penghargaan kepada Aiptu Sujadi di Mapolda Jawa Timur, Senin (11/3/2019).

Polri, kata dia, memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota yang terbukti melakukan aksi penyelamatan heroik kepada masyarakat.

"Pak Wakapolri sebelumnya sudah menghubungi Aiptu Sujadi untuk memberikan apresiasi," jelasnya.

Aksi heroik Aiptu Sujadi itu direkam Nanda Sapto Wati istri Aiptu Sujadi. Video itu viral setelah diunggah di akun Facebooknya, Kamis (7/3/2019) pukul 16.19 WIB.

Baca juga: Cerita Aiptu Sujadi, Polisi yang Tolong Anak Terjebak Banjir di Tol

Dia mengunggah dua video satunya berdurasi lima menit tiga puluh satu detik. Sementara video kedua berdurasi tiga menit dua puluh sembilan detik.

Video pertama merekam saat Nanda pertama kali melihat dan mendengar orang meminta pertolongan karena terjebak banjir bandang di pinggir ruas jalan tol hingga proses evakuasinya yang berlangsung dramatis.

Video kedua merekam kondisi dua anak yang berhasil diselamatkan dari banjir bandang serta penyelamatan ibu dua anak tersebut.

Baca juga: Polisi Penolong 2 Anak yang Terjebak Banjir di Tol Ngawi-Kertosono Diberi Penghargaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com