Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Pengguna Tol Selamatkan Dua Anak Terjebak Banjir Madiun

Kompas.com - 08/03/2019, 16:30 WIB
Muhlis Al Alawi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


MADIUN, KOMPAS.com - Aksi heroik seorang pengguna jalan tol membantu menyelamatkan dua anak kecil dan seorang ibu yang terjebak banjir bandang Madiun, di ruas Tol Ngawi-Kertosono, menjadi viral di media sosial.

Video aksi penyelamatan yang direkam dan diunggah Nanda Sapto Wati (43), seorang ibu bhayangkari Polres Kediri mendapatkan banyak respons nitizen.

Sejak Nanda, warga Desa Bringin, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri mengunggah video itu di laman akun Facebooknya Nanda Sapto Wati, Kamis (7/3/2019) pukul 16.19 WIB hingga Jumat (8/3/2019) pukul 16.10 WIB, sudah dibagikan 42.776 kali dan dikomentari 3.000 lebih warganet.

Baca juga: Fakta Banjir Madiun, Khofifah Temui Balita yang Mengungsi hingga Penjelasan Penyebab Banjir

Istri anggota Satlantas Polres Kediri, Aiptu Sujadi itu mengunggah dua video satunya berdurasi lima menit tiga puluh satu detik. Sementara video kedua berdurasi tiga menit dua puluh sembilan detik.

Video pertama merekam saat Nanda pertama kali melihat dan mendengar orang meminta pertolongan karena terjebak banjir bandang di pinggir ruas jalan tol hingga proses evakuasinya yang berlangsung dramatis.

Video kedua merekam kondisi dua anak yang berhasil diselamatkan dari banjir bandang serta penyelamatan ibu dua anak tersebut.

Postingan ibu dua anak itu mendapatkan pujian hingga doa dari para warganet. "Alhamdulillah..ini baru Indonesia penolong sesama manusia. Semoga Allah SWT memberikan umur panjang bagi keluarga penolong tersebut," tulis akun Facebook Mulyono Sardjono.

Nanda Sapto yang dihubungi Kompas.com, Jumat siang membenarkan pembuat dan pengunggah video penyelamatan anak-anak terjebak banjir di pinggir Tol Ngawi-Kertosono itu adalah dirinya. Ia mengunggah video yang viral itu di akun facebooknya.

"Iya. Saya tidak bermaksud apa-apa meng-upload video itu. Saya cuma berterima kasih mereka selamat. Saya tidak punya pikiran macam-macam. Tidak ada," kata Nanda.

Baca juga: Penyebab Banjir Bandang di Madiun Menurut Gubernur Jatim Khofifah

Nanda juga tidak menyangka video yang diunggah di media sosial itu bakal viral di mana-mana. Saat itu, keluarganya berniat menolong saja.

"Kami niatnya menolong saja sudah. Sing penting anak itu selamat," kata Nanda.

General Manager Operasi dan Pemeliharaan Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri, Charles Lendra yang dikonfirmasi mengaku, tidak tahu menahu tentang video viral penyelamatan dua anak yang terjebak banjir di pinggir ruas Tol Ngawi-Kertosono.

"Saya tidak tahu," kata Charles. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com