Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Taksi Online Hilang Diduga Korban Perampokan, Polda Sumsel Bentuk Tim Khusus

Kompas.com - 31/10/2018, 20:29 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Polda Sumatera Selatan (Sumsel) membentuk tim khusus untuk mencari keberadaaan Sofyan (43), sopir taksi online, yang hilang usai mengantarkan penumpang ke arah KFC Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, sejak Senin (29/10/2018).

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, tim khusus itu kini dinaungi oleh Subdit 3 Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) untuk mengungkap kasus hilangnya Sofyan.

Menurut dia, indikasi Sofyan diduga menjadi korban perampokan kini masih didalami petugas. Termasuk, siapa pemesan perempuan yang ternyata laki-laki ketika menaiki taksi online yang dikemudikan oleh Sofyan.

"Ini menjadi antensi kami, akan diungkap sampai tuntas siapa pelakunya. Saya tidak akan segan ambil tindakan tegas,” kata Zulkarnain, Rabu ( 31/10/2018).

Baca juga: 3 Fakta Sopir Taksi Online Hilang di Palembang, Misteri Penumpang Laki-laki hingga HP Mati  

Zulkarnain melanjutkan, beberapa kasus hilangnya sopir taksi online yang ternyata menjadi korban perampokan berhasil mereka ungkap. Bahkan para pelaku pun ditembak mati ketika penangkapan berlangsung.

Jenderal bintang dua ini mengimbau, siapapun pelaku dibalik hilangnya Sofyan untuk segera menyerahkan diri sebelum mereka mengambil langkah tegas. 

“Dari beberapa kasus yang kita ungkap seluruhnya ditembak, saya tegaskan semuanya akan saya sikat sampai habis siapapun pelaku dibalik hilangnya korban ini,” ujarnya.

Terkait maraknya kasus perampokan yang menimpa sopir taksi online, Zulkarnain mengimbau agar para sopir agar lebih waspada dengan melihat siapa saja calon penumpang mereka, terlebih lagi saat bekerja malam hari dengan tujuan yang cukup jauh.

“Kalau pemesan dan penumpangnya itu berbeda, lebih baik tidak usah ambil. Karena jelas ada indikasi kecurigaan, apalagi melewati jalan yang gelap dan jauh. Para sopir juga harus selektif terhadap calon penumpang,” jelasnya.

Baca juga: Usai Antar Penumpang, Sopir Taksi Online di Palembang Menghilang

Hilang sejak Senin

Diberitakan sebelumnya, hilangnya Sofyan diketahui setelah Fitriani (32), yang merupakan istri korban, membuat laporan di Polda Sumsel, Selasa (30/10/2018). 

Fitriani mengatakan, sejak Senin Sofyan tak kunjung pulang ke rumah usai berpamitan untuk mengantarkan penumpang di kawasan KFC Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. 

Menurut Fitriani, Sofyan mendapatkan orderan untuk mengantar penumpang dari kawasan KM 5 menuju KFC SMB II dengan mengendarai mobil jenis Daihatsu Sigra dengan plat nomor BG 1274 UN warna hitam. 

"Saya komunikasi siang sama suami, bilangnya dapat orderan untuk mengantar penumpang. Di orderan itu (yang order) perempuan, setelah naik penumpangnya pria," kata Fitriani.  

Baca juga: Kasus Menghilangnya Sopir Taksi Online: Sofyan Sempat Minta Dilacak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com