Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Raih Suara Terbanyak, Khofifah-Emil Belum Ditetapkan Jadi Pemenang Pilkada Jatim

Kompas.com - 09/07/2018, 23:46 WIB
Achmad Faizal,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim belum menentukan pemenang Pilkada Jatim meski hasil rekapitulasi suara sudah menentukan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak sebagai pemenang.

KPU masih menunggu informasi resmi dari Mahkamah Konstitusi yang menerangkan bahwa tidak ada gugatan hasil Pilkada Jatim.

"Kami masih menunggu informasi resmi dari KPU pusat yang sedang menunggu informasi resmi dari Mahkamah Konstitusi," kata Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, Senin (9/7/2018).

Baca juga: Ini Pemenang Pilkada Jabar, Jateng, dan Jatim 2018

Batas waktu gugatan hasil Pilkada Jatim sesuai aturan, yakni 3x24 jam kerja setelah proses rekapitulasi di tingkat KPU Jatim usai.

"Kami menunggu beberapa hari ke depan," ungkapnya.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara di tingkat KPU Jatim pada Sabtu (7/7/2018), pasangan Khofifah-Emil meraih suara terbanyak dengan perolehan 10.465.218 suara (53,55 persen).

Sementara itu, pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno memperoleh 9.076.014 suara atau (46,45 persen).

Baca juga: Sebut Ada Pelanggaran, Saksi Gus Ipul-Puti Tolak Teken Hasil Rekapitulasi

Salah satu saksi pasangan Gus Ipul dan Puti, lanjut Eko, menolak menandatangani hasil rekapitulasi suara karena menuding banyak ketidaksesuaian formulir pendaftaran di tingkat kecamatan maupun kabupaten.

Eko menuturkan, total suara yang masuk dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur sebanyak 20.323.259. Dari jumlah itu, suara yang dinyatakan sah sebanyak 19.541.232, sedangkan 782.027 suara dinyatakan tidak sah.

Baca juga: Perkenalkan, Ini Syahrini dan Rambo, Ular Piton Sepanjang 10 Meter dari Kebumen (1)

Pada Pilkada Jatim, pasangan Khofifah-Emil diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN dan Nasdem, sedangkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno diusung koalisi PDIP, PKB, PKS, dan Gerindra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com