Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebut Ada Pelanggaran, Saksi Gus Ipul-Puti Tolak Teken Hasil Rekapitulasi

Kompas.com - 05/07/2018, 20:35 WIB
Moh. Syafií,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Saksi dari pasangan calon Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno Putri menolak menandatangani hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Gubernur Jawa Timur yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang, Kamis (5/7/2018).

M Shofwan, saksi dari pasangan calon nomor urut 2 tersebut, beralasan, pelaksanaan Pilgub Jatim diduga banyak kecurangan yang dilakukan secara masif. Berbagai indikasi kecurangan saat ini masih dalam kajian tim pemenangan Gus Ipul-Puti.

Baca juga: Gerindra Tanggapi Real Count PKS yang Dimenangi Ridwan Kamil-Uu

Saat ini, pihaknya menyatakan masih menunggu hasil kajian tim terkait dugaan pelanggaran atau kecurangan dalam pelaksanaan Pilgub Jatim.

"Karena ditengarai ada pelanggaran, maka kami akan melakukan koordinasi lebih lanjut," ujar Shofwan.

Tim pemenangan Gus Ipul-Puti menemukan sedikitnya ada 65 pelanggaran selama gelaran Pilgub Jatim. Namun, politisi PDI Perjuangan itu enggan membeberkan bentuk pelanggaran yang ditemukan oleh tim pemenangan dari pasangan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

"Kami bukan berarti menolak (tanda tangan), tetapi kami memang tidak mau tanda tangan. Artinya tidak mau tanda tangan itu, kami tidak menerima juga tidak menolak," kata Shofwan.

Baca juga: Warga Berebut Bersalaman, Prabowo Membalas dengan Ciuman di Kening

Selain tidak mau menandatangani hasil rekapitulasi perolehan suara, para saksi dari pasangan Gus Ipul-Puti juga tidak melanjutkan mengikuti rapat pleno terbuka di KPU Jombang terkait hasil Pilgub Jatim.

Hingga Kamis petang, KPU Jombang masih menggelar rapat pleno terbuka dengan agenda pembacaan DA 1 hasil pemungutan suara Pilgub Jatim.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pilgub Jatim, pasangan Cagub- Cawagub Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak memperoleh 326.596 suara, pasangan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno Putri memperoleh 319.896 dan terdapat suara tidak sah sebanyak 42.767.

Baca juga: Gus Ipul: Kami Tidak Berniat Gugat Hasil Pilkada Jatim

Dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 977.676 pemilih yang tersebar di 21 Kecamatan di Kabupaten Jombang, jumlah pemilih yang tercatat menggunakan hak pilihnya, sebanyak 689.279 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com