Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Migrasi Burung, Gorontalo Gelar Festival Burung Migran

Kompas.com - 13/09/2017, 14:14 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com  -  Festival Burung Migran digelar di Gorontalo untuk menyambut kedatangan burung pengembara antarbenua.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Perkumpulan Biodiversitas Gorontalo (Biota) dengan sejumlah kegiatan di sekitar Danau Limboto dan sekolah.

“Bulan Agustus hingga Oktober adalah musim kedatangan burung migran di Gorontalo, burung-burung ini terlihat di sawah, danau, sungai atau pantai yang berlumpur. Ada juga jenis yang biasa di hutan,” kata Diah Ayu Lestari, Koordinator Festival Burung Migran, Rabu (13/9/2017).

Kegiatan yang digelar antara lain pengamatan burung (birdwatching) di Danau Limboto, pameran foto, diskusi, panggung boneka, dan kunjungan ke sekolah.

Baca juga: Ribuan Burung Migran Mulai Memasuki Wilayah Indonesia

“Kami mengajak masyarakat untuk melihat fenomena alam yang unik, pengembaraan panjang sejumlah burung yang melintasi benua, samudera dengan banyak rintangan selama perjalanan mereka,” tutur Diah, yang juga penyuluh di Balai Taman Nasional Nasional Bogani Nani Wartabone.

Dalam festival yang sudah dilaksanakan ketiga kalinya ini, fokus kegiatannya kepada pengenalan keanekaragaman hayati yang berada di Gorontalo. Banyak masyarakat yang belum mengenal secara dekat kekayaan hayati ini.

“Kalau masyarakat sudah mengenal maka akan menyintainya, kalau sudah cinta pasti akan melestarikannya,” ujar Diah Ayu Lestari.

Sejumlah burung migran sudah terlihat di kawasan lahan basah, mereka mencari makan dan berstirahat sebelum melanjutkan perjalanan panjang mereka ke bumi bagian selatan.  Jenis burung itu adalah cerek pasir besar (Charadrius leschenaultii), trinil kaki merah (Tringa totanus), gagang bayam (Himantopus lecocephalus), kedidi leher merah (Calidris ruficollis), trinil semak (Tringa glareola), trinil pantai (Actitis hypoleucos), trinil kaki hijau (Tringa nebularia).

Kompas TV Salon Burung, Khusus Latih Kicauan Burung untuk Kontes
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com