Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Lestarikan Seni-Budaya Daerah, Pemkab Seluma Gelar Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan 2023

Kompas.com - 25/10/2023, 16:33 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma menggelar Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan 2023 di Taman Wisata Kota (TWK) Simpang Enam, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Seluma Gustianto, Asisten I, Asisten II, Asisten III, kepala dinas (kadis) di lingkungan Pemkab Seluma, camat, forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), serta para penampil dalam kegiatan festival perwakilan dari setiap kecamatan.

Dalam kesempatan tersebut, Gustianto mengatakan, Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan 2023 adalah langkah tepat untuk mempromosikan, membangun, dan menyejahterakan seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat di wilayahnya.

"Saya berharap festival ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat. Melalui festival ini, mari kita melestarikan nilai-nilai seni budaya daerah. Karena dengan keberadaan seni budaya,  kita dapat merasakan keluhuran warisan nenek moyang kita yang penuh dengan nilai-nilai filosofi," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Baca juga: Filosofi Shokuiku, Jepang Jadi Rumah bagi Anak-anak Tersehat di Dunia

Gustianto menjelaskan bahwa usaha memajukan seni dan budaya di Kabupaten Seluma perlu melibatkan semua unsur, baik pemerintah daerah (pemda), lembaga tertentu, swasta, dan para pelaku kebudayaan.

Ia berharap, seni budaya dapat terus dilestarikan dan seniman juga terus berkarya dalam rangka menumbuhkan kembangkan budaya di Kabupaten Seluma.

"Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan mendorong seni budaya di Kabupaten Seluma. Sehingga ekonomi juga ikut bergerak dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat," jelas Gustianto.

Sementara itu, Ketua Kerja Kegiatan Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan 2023 sekaligus Kadis Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Seluma Saiful Anwar menyampaikan, kegiatan festival tersebut merupakan calendar of event yang akan diselenggarakan setiap tahun.

Baca juga: Kembali Hadir, Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Tampilkan 5 Kegiatan Seru!

"Seluruh pihak, baik itu organisasi perangkat daerah (OPD) maupun pihak swasta harus terlibat dalam melaksanakan kegiatan ini. Sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar," imbuhnya.

Sebagai informasi, Festival Bumi Serawai Serasan Seijoan 2023 menampilkan beberapa rangkaian kegiatan, di antaranya Madu Rasan dari Kecamatan Air Periukan dan Kecamatan Lubuk Sandi, Pencak Silat dari Kecamatan Semidang Alas (SA) dan Semidang Alas Maras (SAM).

Kemudian, acara Tari Ulu dari Kecamatan Seluma Utara dan Ulu Talo, Tari Nelas dari Desa Cahaya Negeri, Tari Bali dari Desa Talang Benuang, Seni Dendang dari Kelurahan Masmambang, dan Dzikir Sarafal Anam dari Desa Padang Merbau.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com