Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemkab Seluma Terima 25 Lampu Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

Kompas.com - 03/11/2023, 20:35 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma menerima bantuan 25 unit penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDN).

Bupati Seluma Erwin Octavian mengatakan, pihaknya berencana memasang lampu tenaga surya tersebut pada awal Desember 2023.

“Pemasangan nantinya secara teknis akan diatur organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Tentunya, akan diutamakan untuk penerangan jalan di dekat fasilitas umum,”  ujarnya saat menerima bantuan tersebut di Seluma, Kamis (2/11/2023).

Erwin mengatakan, Seluma juga menerima PJUTS sebanyak 50 unit pada 2022. Namun, tahun ini daerah hanya menerima 25 unit.

"Titik pemasangan lampu jalan tenaga surya ini nanti akan diatur. Tidak mesti ada perawatan. Karena ini tenaga surya, malam menyala siang mati," katanya dalam siaran pers.

Baca juga: Dukung Pendidikan di Seluma, Bupati Erwin Siapkan Anggaran untuk Bantuan Seragam Sekolah Gratis

Erwin menyebutkan, dia bersama wakil bupati dan kepala OPD akan terus berupaya mengincar anggaran dari pemerintahan pusat. 

Hal itu dilakukan untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Kabupaten Seluma sehingga seluruh program Seluma Alap dapat tercapai.

Pada kesempatan itu, Erwin didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Hadi Susanto, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sudarman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com