Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

35 Sanitasi Berbasis Masyarakat Dibangun di Seluma, Ditargetkan Rampung pada 2024

Kompas.com - 30/10/2023, 16:11 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Seluma Erwin Octavian mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma mulai membangun Desa Sungai Petai secara perlahan.

Salah satu contohnya adalah pembangunan jembatan yang selesai pada 2023 dan peletakan batu pertama pembangunan fasilitas mandi cuci kakus (MCK).

"Ada 35 unit pembangunan fasilitas sanitasi. Tadi masih ada sekitar 17 rumah lagi yang belum memiliki MCK. Saya minta itu diusulkan. Mudah-mudahan tahun depan semuanya dibangun," katanya.

Dia mengatakan itu saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Sungai Petai Kecamatan Talo Kecil, Senin (30/10/2023).

Pada kesempatan itu, Erwin berterima kasih kepada pihak Balai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah ikut membantu membangun MCK masyarakat Kabupaten Seluma.

Baca juga: Pemkab Seluma Targetkan Pasang Listrik Gratis untuk 500 Unit Rumah Penerima Bantuan RTLH

Selain itu, dia berterima kasih atas penyambutan yang dilakukan masyarakat Sungai Petai. 

Menurutnya, sambutan itu secara tidak langsung menunjukkan bahwa program Seluma Berbudaya sudah berjalan dengan baik.

"Terima kasih atas penyambutan yang luar biasa. Program Seluma Berbudaya memang sudah berjalan di Desa Sungai Petai ini," jelasnya dalam siaran pers.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sanitasi Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu Yopi Herlian menyampaikan, Kabupaten Seluma memiliki 19 desa dari 9 Kecamatan yang menerima program tersebut. 

Dia menyebutkan, dana untuk program tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR.

"Di Kabupaten Seluma, ada 518 kepala keluarga (KK) penerima bantuan yang tersebar di 19 desa dari 9 kecamatan,” jelasnya.

Selain melakukan peletakan batu pertama, Bupati Seluma juga melakukan silaturahmi bersama masyarakat Sungai Petai. Pada kesempatan itu, ia disambut dengan tari adat sekapur sirih.

Baca juga: Entaskan Kemiskinan, Kabupaten Seluma Akan Rehabilitasi 160 Unit RTLH

Erwin hadir didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Seluma Almedian Saleh dan Kepala Dinas PUPR Seluma M Saipullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com