Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Masyarakat Sambut Antusias Festival Layang-layang yang Digelar Pemkab Seluma

Kompas.com - 15/08/2023, 16:41 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 79 layang-layang beragam ukuran menghiasi langit di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu dalam event wisata "Gebyar Merah Putih, Terus Melaju untuk Indonesia Maju", yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma, Selasa (15/8/2023).

Digelar sejak Januari 2023, festival layang-layang ini merupakan tahapan kalender event wisata Kabupaten Seluma. Festival ini menarik antusias dan keterlibatan ribuan masyarakat Kabupaten Seluma sehingga mereka tumpah ruah di halaman Kantor Bupati Seluma.

"Festival layang-layang ini merupakan rangkaian kalender wisata yang kami gelar tiap minggu. Secara bertepatan dengan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)," ujar Bupati Seluma, Erwin Octavian, di Seluma, Selasa.

Peserta festival layang-layang berasal dari beranekaragam kalangan, mulai masyarakat desa, organisasi perangkat daerah (OPD), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), kejaksaan, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Baca juga: Festival Larungan, Kalender Wisata Pemda Seluma yang Dinanti Masyarakat

Erwin menambahkan tujuan kegiatan antara lain sebagai sarana menambah kemampuan dan pengetahuan dalam dunia seni bagi masyarakat.

"(Event ini) sebagai inspirasi dan memberikan pengertian pentingnya kreativitas (dan ini) sejalan dengan tema kegiatan, yaitu Gebyar Merah Putih, Terus Melaju untuk Indonesia Maju", ujar bupati dalam siaran persnya.

Bupati Erwin yang juga Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyampaikan bahwa pada kegiatan ini dilaksanakan pula pelayanan masyarakat gratis.

Pelayanan tersebut berasal dari pelayanan kesehatan dari dinas kesehatan (Dinkes), donor darah oleh Palang Merah Indonesia (PMI), pelayanan kependudukan dari Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seluma.

Untuk diketahui, selain Festival Layang-Layang dalam acara tersebut ada pula kegiatan lain yang melibatkan masyarakat yaitu pertandingan tenis meja di Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Seluma.

Baca juga: Pemda Seluma Bengkulu Hidupkan Kembali Tradisi Parut Kelapa Kuno

Dalam sambutannya Bupati Erwin mengatakan, selain Gebyar Merah Putih Festival Layang-Layang, Kalender Event Wisata Kabupaten Seluma meliputi budaya, seni, beladiri, kuliner, larung, jelajah wisata dan banyak lainnya hingga Desember 2023.

Hardianto salah satu warga Seluma mengaku cukup terhibur dengan digelarnya festival layang-layang. Menurutnya, selain sebagai sarana hiburan rakyat, acara ini juga dapat mendekatkan silahturahim antara pemerintah dengan masyarakat.

"Event-event semacam ini sangat baik guna mengakrabkan diri antara pemerintah dengan masyarakat," ujar Hardianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com