Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Fokus Pembangunan Fisik Fasilitas Umum, Pemkab Seluma Usulkan Pembangunan 5 Ruas Jalan

Kompas.com - 13/09/2023, 15:09 WIB
F Azzahra,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Bupati Seluma Erwin Octavian mengatakan, pihaknya sedang mengusulkan pembangunan lima ruas jalan sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Pengusulan tersebut selaras dengan fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma yang menjadikan pembangunan fisik fasilitas umum sebagai program prioritasnya.

Adapun lima ruas jalan yang dimaksud adalah Jalan dari Tenangan ke Rawa Sari di Kecamatan Seluma Timur; Jalan Desa Selingsingan Kecamatan Seluma Utara ke Desa Mekar Jaya Kecamatan Ulu Talo; dan Jalan Desa Talang Durian, Kecamatan Semidang Alas ke Desa SP 2 Pagar Banyu, Kecamatan Ulu Talo.

Selanjutnya, Jalan Desa Muara Dua ke Gunung Megang, Kecamatan Semidang Alas; Jalan Desa Maras Tengah, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) ke Desa Padang Serunaian, Kecamatan Semidang Alas; serta Jalan Padang Serai ke Pasar Ngalam. Kelima jalan itu akan dibangun pada 2024 menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Seluma.

"Insya Allah akan diproses mulai tahun ini hingga paling lambat tahun 2024," ucap Erwin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (13/9/2023).

Baca juga: Perbaiki Ribuan RTLH Setiap Tahun, Seluma Jadi Kabupaten dengan Progres Fisik Pembangunan Tercepat

Erwin menilai, pembangunan Jalan menuju Desa Lubuk Resam, Kecamatan Seluma Utara dan Jalan Desa Cahaya Negeri ke Bukit Peninjauan 1 sudah ditahap verifikasi penilaian oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Ada (pembangunan) dua ruas (jalan) untuk pengusulan dana alokasi khusus (DAK) 2024. Pertama, Jalan Kelurahan Puguk ke Desa Lubuk Resam dengan dana sebesar Rp 60 miliar dan ruas Jalan Desa Cahaya Negeri ke Bukit Peninjauan (BP)1, Kecamatan Sukaraja," jelasnya.

Selain pembangunan ruas jalan di empat hulu, Erwin mengatakan, Pemkab Seluma juga akan meningkatkan pembangunan wajah Kota Tais.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com