Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Perbaiki Ribuan RTLH Setiap Tahun, Seluma Jadi Kabupaten dengan Progres Fisik Pembangunan Tercepat

Kompas.com - 12/09/2023, 14:45 WIB
F Azzahra,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Kepemimpinan Bupati Seluma Erwin Octavian dan Wakil Bupati Seluma Gustianto yang mengagas berbagai program unggulan telah membawa perubahan besar bagi Seluma.

Berbagai program yang digagas keduanya fokus pada pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan, serta pemberantasan kemiskinan di Seluma.

Salah satu program yang sukses dijalankan adalah Stimulan Rumah Swadaya (BSPS). Berkat program ini, terhitung sudah 3,877 rumah tidak layak huni (RTLH) diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma dalam kurun 2016-2023.

"Total 3.877 rumah diperbaiki senak 2016-2023. Pada era Pak Erwin, bantuan RTLH diberikan setiap tahun dengan alokasi yang cukup banyak," kata Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Perhubungan (Perkimhub) Seluma Erlan Suandi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/9/2023).

Baca juga: Percepat Penyelesaian Program Seribu Jalan Mulus, Pemkab Seluma Jalankan Titik Nol di 92 Proyek

Erlan menambahkan, bantuan BSPS terdiri dari dua kategori, yakni BSPS Reguler dan BSPS Kemiskinan Ekstrem.

Tercatat, Dinas Perkimhub Seluma telah menyalurkan bantuan kepada 240 penerima BSPS Kemiskinan Ekstrem pada 2023.

"Melalui program RTLH, bantuan untuk kemiskinan ini kuotanya cukup besar. Hampir 2.500 rumah RTLH sudah terealisasikan," imbuh Erlan.

Dengan angka di atas, sebut dia, Seluma menjadi kabupaten tercepat yang menyelesaikan progres pembangunan infrastruktur setiap tahunnya.

"Untuk tahap pertama ada tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu. Sebanyak 240 unit diberikan untuk Kabupaten Seluma. Progres fisik di Seluma paling cepat setiap tahunnya dan tidak ada kendala apa pun," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com