Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burung Migran Mulai Berdatangan ke Gorontalo

Kompas.com - 18/08/2016, 09:58 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com -  Sudah enam ekor spesies burung migran ditemukan di persawahan masyarakat Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo pada Agustus ini.

Burung ini adalah Ibis Rokoroko (Plegadis falcinellus), Kedidi Jari Panjang (Calidris subminuta), Trinil Semak (Tringa glareola), Trinil Kaki Merah (Tringa totanus), Tinil Kaki Hijau (Tringa nebularia), dan Cerek Kalung Kecil (Charadrius dubius).

Burung-burung tersebut bergerombol hingga mencapai puluhan ekor di tengah sawah sambil mencari makan di lumpur.

“Sekarang adalah musim migrasi burung yang jenisnya suka di lahan basah seperti trinil dan kedidi. Mereka datang ke wilayah Gorontalo mulai bulan Agustus hingga Oktober,” kata Danny Rogi, penggiat lingkungan di Gorontalo, Kamis (18/8/2016).

Kedatangan burung migran ini membuat persawahan yang sedang digarap warga untuk ditanami padi dipenuhi burung. Burung-burung ini mencari makan di lumpur.

“Kalau membaca dari buku yang ada, burung migran ini adalah jenis pengembara. Misalnya Trinil Semak yang berbiak di Eropa bagian utara dan Asia utara, pada musim dingin mereka beramai-ramai terbang ke bumi bagian selatan hingga Australia, mereka menyinggahi banyak tempat untuk makan dan beristirahat,” jelas Danny Rogi.

Rosyid Azhar Seekor burung migran tengah mencari makan di persawahan di Gorontalo. Para penggiat lingkungan mulai mendokumentasikan peristiwa menarik ini

Sejak 3 tahun terakhir, para penggiat lingkungan yang tergabung dalam Gorontalo Biodiversity Forum ini melakukan pengamatan burung migran secara rutin.

"Kami sudah beberapa kali mengamati, terutama saat pagi. Yang paling banyak terlihat jenis trinil semak," kata Ririn Hasan, staf Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Gorontalo.

Organisasi pelestari burung liar, Burung Indonesia, sudah merangkum dokumentasi foto burung para penggiat lingkungan ini. Setidaknya terdapat 49 spesies burung migran yang menyinggahi Gorontalo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com