Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Festival Teluk Tamiyang 2023 Hadirkan Upacara Adat hingga Hiburan Rakyat

Kompas.com - 28/11/2023, 16:37 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kotabaru menggelar Festival Teluk Tamiyang 2023 pada Sabtu (2/12/2023) sampai Minggu (3/12/2023).

Perhelatan budaya dan pariwisata yang digelar di objek wisata Teluk Tamiang, Kotabaru itu menampilkan berbagai kegiatan menarik yang menggambarkan kekayaan dan keunikan daerah.

Kepala Bidang (Kabid) Event dan Pertunjukan Disparpora Kabupaten Kotabaru Rudi Nugraha mengatakan, salah satu kegiatan utama yang menjadi daya tarik Teluk Tamiyang adalah upacara adat Mappanretasi.

Baca juga: Mengunjungi 5 Makam Purba di Sumbawa, Tempat Ritual Obat Padi hingga Wisata Healing

Mappanretasi adalah ritual memberi makan laut yang dilakukan oleh masyarakat nelayan Suku Bugis sebagai bentuk rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang melimpah.

“Upacara ini dilakukan dengan melarungkan berbagai macam makanan atau sesajen di laut, diiringi oleh doa dan nyanyian. Upacara Mappanretasi juga dihadiri oleh para pejabat daerah dan tokoh masyarakat,” imbuh Rudi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (28/11/2023).

Selain Mappanretasi, lanjut dia, Festival Teluk Tamiyang 2023 juga menyajikan Parade Ikan Bakar Sepanjang Pantai, yang merupakan salah satu kuliner khas Kotabaru.

Baca juga: 3 Tips Bumbui Ikan Bakar agar Meresap ke Dalam Daging

Parade Ikan Bakar Sepanjang Pantai akan menyuguhkan para pengunjung berbagai jenis ikan segar yang dibakar dengan bumbu rempah-rempah yang lezat.

“Pengunjung dapat menikmati ikan bakar sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Parade ikan bakar ini juga menjadi ajang promosi produk perikanan lokal yang berkualitas,” ujar Rudi.

Tak kalah seru, Festival Teluk Tamiyang 2023 juga menampilkan hiburan rakyat. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap seni dan budaya lokal.

Baca juga: Aniwayang Desa Timun, Cara Kenalkan Budaya Lokal ke Gen-Z

“Di sini, para pengunjung dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni yang menarik dan mengagumkan, seperti tari-tarian tradisional, musik-musik daerah, dan lain-lain. Hiburan rakyat ini juga menjadi sarana pelestarian dan pengembangan seni dan budaya daerah,” jelas  Rudi.

Hiburan rakyat tersebut akan dimeriahkan oleh penyanyi-penyanyi asli daerah Kotabaru, mulai dari Ratna LIDA yang dikenal dari ajang Liga Dangdut Indonesia 2021, Shanti Kontes Dangdut Indonesia (KDI), dan Raza KDI.

Baca juga: 10 Tahun Tinggal di Turki, Siti KDI Rindu Kue Lebaran Khas Indonesia

Festival Teluk Tamiyang 2023 merupakan parade yang tidak boleh dilewatkan oleh siapapun, terutama bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan dan kekayaan daerah Kotabaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com