Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kemendikbud Ristek Tindak Lanjuti Pendirian Politeknik Murakata, Wabup HST: Kami Siap Dukung Anggaran dan Kebijakan

Kompas.com - 29/11/2023, 15:10 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Tengah (HST) Mansyah Sabri mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen mendukung pendirian Politeknik Murakata di wilayahnya.

“Pemerintah daerah (pemda) sendiri sudah berkomitmen dan siap mendukung secara anggaran dan kebijakan untuk meningkatkan sumber daya yang lebih baik dan unggul,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (29/11/2023).

Selain itu, lanjut Mansyah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST juga berdedikasi untuk terus meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan tinggi, dengan tujuan membentuk generasi yang berkualitas tinggi dan siap bersaing, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pernyataan tersebut disampaikan Mansyah saat menyambut kedatangan Tim Evaluator Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia (RI) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) di Pendopo Kabupaten HST, Sabtu (18/11/2023).

Baca juga: Wisuda 2023 Ukrida, Kepala LLDikti Wilayah III: Ukrida Siapkan Lulusan Link and Match Dunia Kerja

Kedatangan tim tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti usul pendirian Politeknik Murakata di Kabupaten HST oleh Yayasan Permata Ilmu Banua. Kedatangan mereka juga disambut oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Syaiful Rasyid, Direktur Politeknik Murakata, dan Ketua Yayasan Permata Ilmu Banua.

Dalam sambutanya, Mansyah menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Evaluator Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI dan LLDikti di Kabupaten HST.

“Kehadiran tim dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi di tengah-tengah kita hari ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan pemerintah pusat terhadap pengembangan pendidikan tinggi di Kabupaten HST,” imbuhnya.

Baca juga: Dorong Global Gateway Investasi Berkelanjutan, Uni Eropa Gelar Pameran Pendidikan Tinggi di 3 Kota

Ia berharap, berdirinya Politeknik Murakata di Kabupaten HST dapat bermanfaat bagi para pelajar yang akan melanjutkan pendidikannya sehingga tidak perlu lagi keluar daerah.

Menurut Mansyah, hal tersebut juga dapat menghemat biaya dan meringankan beban para orangtua.

Sebagai dukungan lebih lanjut, ia mengajak seluruh pihak terkait untuk memanfaatkan pembangunan Politeknik Murakata dengan baik.

“Berikan masukan, saran, dan kritik yang membangun agar kita dapat bersama-sama merancang langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Bumi Murakata,” tuturnya.

Baca juga: Anies Sebut Investasi di Indonesia Didorong Tinggi, Tapi Tak Serap Banyak Tenaga Kerja

Penuhi kebutuhan tenaga kerja industri

Untuk diketahui, politeknik adalah institusi pendidikan tinggi yang fokus pada penerapan ilmu pengetahuan ke dalam praktik industri. Institusi pendidikan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri

Rencananya, program studi (prodi) di Politeknik Murakata akan meliputi tiga jurusan. Pertama, Sistem Informatika Diploma Tiga (D3). Jurusan ini mencakup tentang riset dan pengembangan perangkat lunak, jaringan komputer, dan basis data.

Kedua, Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura Diploma Empat (D4). Jurusan ini mempelajari tentang riset dan pengembangan tanaman hortikultura.

Baca juga: Beasiswa D4-S1 UGM, Ada Bantuan Rp 4 juta Per Semester

Ketiga, Bisnis Kreatif D4 yang mempelajari tentang riset pengembangan bisnis kreatif usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan teknik modern dan pengolahan kekinian.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com