Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Siaga Bencana Kebakaran, Bupati HST Hibahkan Rp 1,5 Miliar untuk Relawan Damkar

Kompas.com - 03/11/2023, 19:02 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Bupati Hulu Shungai Tengah (HST) Aulia Oktafiandi memimpin pelaksanaan apel siaga Pemadam Kebakaran (Damkar) se-Kabupaten HST di Stadion Murakata Barabai Kecamatan Barabai, Kabupaten HST, Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (3/11/2023). 

Ia mengatakan, apel tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kesiapsiagaan Barisan Sukarela Kebakaran (Balakar) 654 Murakata selaku relawan yang siap mencurahkan tenaga, pikiran, dan nyawa mereka untuk menyelamatkan masyarakat HST dari keadaan darurat, khususnya kebakaran.

“Di sini kita tunjukkan bahwa relawan Balakar mampu dan siap memberikan yang terbaik ketika diperlukan oleh masyarakat,” kata Aulia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Belanda Godok Dana Hibah Rp 1,7 Triliun untuk Indonesia

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyerahkan bantuan dana hibah sebesar Rp 1,5 miliar kepada relawan Damkar yang tergabung pada Balakar 654 Murakata.

Aulia menyebut, pemberian bantuan berupa dana hibah bertujuan agar Balakar 654 Murakata bisa melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, Pemkab HST telah memberikan hibah di bawah Rp 1 miliar kepada Balakar pada 2021. Namun, anggaran dana hibah ini naik 50 persen pada 2023 menjadi Rp 1,5 miliar.

Baca juga: Pengertian Dedikasi: Ciri-ciri dan Contohnya

“Ini menunjukkan dedikasi dan perhatian Pemkab HST kepada semua relawan Balakar. Bahkan dalam komponen hibah itu juga dimasukkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sebagai bentuk perlindungan saat bertugas,” jelas Aulia.

Aulia berharap, Balakar bisa menjaga rasa persaudaraan dan profesionalisme dengan cara terus meningkatkan kemampuan masing-masing anggota dalam tugasnya.

“Semoga dengan apa yang kita baktikan ini dinilai amal ibadah oleh Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT),” tuturnya.

Baca juga: Saudara Kembar di Bima Curi Uang Kotak Amal, Aksinya Terekam CCTV

Apel siaga damkar diikuti 66 unit BPK

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) dan Damkar Kabupaten HST Subhani mengatakan, kegiatan apel siaga damkar diikuti 66 unit Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) yang tergabung dalam Balakar 654 Murakata.

“Dari jumlah 66 unit tersebut, sebanyak 58 BPK akan menerima hibah. Dana hibah Pemkab HST pada 2023 yang akan diserahkan ke BPK sebesar Rp 1,5 miliar,” imbuhnya.

Adapun dana hibah tersebut akan digunakan untuk pembelian barang yang dibagi secara proposional ke tiap BPK Rp 1.352.256.000 dan Rp 147.744.000 untuk asuransi BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 1.140 anggota relawan BPK selama dua tahun.

Baca juga: Dua Gudang Mebel di Surabaya Terbakar, 13 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Dengan bantuan itu, setiap anggota BPK yang tergabung dalam Balakar 654 Murakata telah mendapatkan jaminan perlindungan risiko kerja oleh Pemkab HST.

Sebagai informasi, kegiatan apel siaga damkar diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Shungai Tengah (HST) melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Kabupaten HST.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HST, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Barabai, keluarga besar Satpol PP dan Damkar Kabupaten HST, serta semua relawan yang tergabung dalam Balakar 654 Murakata.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com