Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

HUT Ke-24 Malinau, Gubernur Kaltara: Saya Bangga dan Berbahagia

Kompas.com - 08/10/2023, 11:55 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Semangat keberagaman menjadi tema besar dalam pelaksanaan Irau ke-10 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Kabupaten Malinau tahun ini.

Acara tersebut turut dihadiri Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A Paliwang dan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara Yansen. Keduanya hadir di Lapangan Prosehat Intimung, Sabtu (7/10/2023).

Zainal mengaku merasa haru dan bangga bisa menghadiri acara HUT ke-24 Kabupaten Malinau.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara, saya sangat bangga dan berbahagia dapat bersilaturahmi bersama saudara-saudara dalam suasana yang hangat,” ucap Zainal melalui keterangan persnya, Minggu (8/10/2023).

Baca juga: Pimpin Upacara HUT Ke-78 RI, Gubernur Kaltara Kenakan Pakaian Adat Dayak Lundayeh Bakad Talun

Menurut Zainal, antusiasme masyarakat dalam mengikuti rangkaian acara sangat tinggi. Hal ini terlihat dari cara dan semangat mereka saat menyaksikan di tengah cuaca terik yang cukup menyengat.

“Semoga seiring bertambahnya usia ini, Kabupaten Malinau dapat segera menjadi daerah yang mandiri, damai, dan sejahtera,” harapnya.

Masyarakat menghadiri peringatan HUT ke-24 Kabupaten Malinau, Sabtu (7/10/2023).DOK. Pemprov Kaltara Masyarakat menghadiri peringatan HUT ke-24 Kabupaten Malinau, Sabtu (7/10/2023).

Adapun acara dimulai dengan penyambutan secara adat, dilanjutkan dengan acara pembukaan HUT yang dihadiri oleh Bupati Malinau Wempi W Mawa, Wakil Bupati Malinau Jakaria, perwakilan kepala daerah, serta tokoh masyarakat Kabupaten Malinau.

Kemudian, agenda dilanjutkan dengan pawai karnaval yang diikuti oleh seluruh etnis, paguyuban, organisasi perangkat daerah (OPD), dan masyarakat.

Baca juga: Upacara HUT Ke-78 RI di Krayan, Gubernur Kaltara Sebut Masih Banyak yang Akan Dibenahi

Peserta berjalan kaki melintas di depan panggung Padan Liu’ Burung dengan mengenakan topi adat khas Kalimantan, sa'ung atau kedabang, menuju Kantor Kecamatan Malinau Kota.

Pemakaian sa'ung atau kedabang tersebut bahkan berhasil mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dan rekor dunia baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com