Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Hadiri Pelantikan Ketua KONI Kalteng, Gubernur Sugianto Harap Prestasi PON Meningkat

Kompas.com - 30/11/2023, 10:40 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran berharap Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalteng dapat mendorong perbaikan prestasi atlet dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke depan.

Dia berharap, KONI Kalteng dapat memetakan cabang-cabang olahraga yang dapat menyumbangkan medali dari penyelenggaraan PON yang telah diikuti.

“Apabila memungkinkan, dapat ditambah dengan cabang yang berpotensial sehingga anggaran yang dipergunakan dapat secara efektif dan efisien untuk mencapai target yang diinginkan,” katanya.

Dia mengatakan itu saat menghadiri pelantikan pengurus KONI Kalteng masa bakti 2023-2027 di Kahayan Ballroom Swiss-Belhotel Danum Palangkaraya, Rabu (29/11/2023).

Untuk diketahui, pada PON ke-20 di Papua pada 2021, Kalteng berada di urutan ke-26 dari 34 provinsi dengan perolehan 2 medali emas, 6 medali perak, dan 5 medali perunggu. 

Baca juga: Gubernur Sabran Yakin Tambak Udang di Kalteng Tingkatkan PAD dan Jadi Komoditas Ekspor Andalan

Hasil itu menjadi bahan evaluasi pengurus KONI Kalteng yang baru dilantik untuk bisa memaksimalkan potensi atlet yang sudah lolos PON 2024 untuk memperbaiki peringkat dan menambah medali emas.

Sugianto berharap, momentum pelantikan itu dapat dijadikan perbaikan, penyempurnaan, dan revitalisasi keolahragaan yang kelak mengangkat prestasi dan pembinaan olahraga di Kalteng. 

“Dengan demikian mampu membangun keunggulan di kancah nasional dan internasional pada masa yang akan datang,” tuturnya dalam siaran pers.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai itu juga mengatakan, bersatu dan bekerja sama merupakan modal utama dalam pencapaian suatu tujuan. 

Dia pun mengajak semua stakeholder saling bahu membahu dan bersinergi untuk mendorong tercapainya prestasi olahraga Kalteng di berbagai event.

Baca juga: Bentrok Tewaskan Warga di Seruyan, Kapolda Kalteng Bentuk Tim Investigasi

“Terpilihnya Ketua Umum KONI Kalteng Masa Bakti 2023-2027 diharapkan mampu membawa angin segar olahraga Kalteng untuk lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sugianto juga mengaku bangga karena dapat berkumpul dengan para pelaku dan penggiat olahraga di Indonesia.

Pasalnya, pelantikan itu dihadiri Ketua Umum KONI Pusat beserta pengurus, Ketua KONI Kalteng beserta pengurus, dan utusan dari KONI kabupaten/kota, pengurus cabang olahraga, dan Badan Olahraga Fungsional.

Adapun pengurus KONI masa bakti 2023-2027 dilantik Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman. Ketua KONI Kalteng yang terpilih adalah Rahmat Hidayat.

Pada kesempatan itu, Rahmat mengatakan, pihaknya berkomitmen akan terus menjaga komunikasi dan sinergisitas dengan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota se-Kalteng.

Baca juga: Gubernur Kalteng Sebut Anggaran Pendidikan yang Minim Tak Boleh Jadi Alasan Pungli di Sekolah

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com