Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Sekdaprov Kalteng Paparkan Berbagai Inovasi dan Strategi KIP Kalteng, dari Portal PPID hingga Satu Data

Kompas.com - 01/12/2023, 15:19 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin memaparkan berbagai inovasi layanan informasi publik di wilayahnya dalam pelaksanaan Presentasi Uji Publik Keterbukaan Informasi Badan Publik 2023 di Hotel Mercure Kemayoran Superblok Mega, Jalan Kota Baru Bandar, Jalan Benyamin Suaeb Nomor Kav B6, South Gunung Sahari, Kemayoran, Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Pemaparan yang dibawakan Nuryakin sebagai penyaji presentasi tersebut berjudul “Inovasi dan Strategi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng". Adapun kegiatan presentasi ini diselenggarakan oleh Komisi Informasi (KI) Pusat.

Pertama, Portal Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Portal PPID digunakan sebagai wadah untuk mengakses kumpulan informasi publik yang tersedia di berbagai unit atau perangkat daerah (PPID Pelaksana),” ujar Nuryakin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (1/12/2023).

Inovasi kedua, lanjutnya, yaitu portal berita yang selalu menyampaikan informasi terbaru dan cepat mengenai Pemprov Kalteng.

Baca juga: Maksimalkan Satu Data Indonesia Sumut, Diskominfo Sumut Tekankan Standardisasi Aplikasi Pemerintah

Ketiga, aplikasi Satu Data menyajikan data secara real-time dan valid dengan menampilkan informasi dalam 10 kategori data.

“Portal Kalteng Satu Data digunakan untuk menghimpun data sektoral dari seluruh perangkat daerah atau PPID Pelaksana daerah selaku produsen data,” imbuh Nuryakin.

Untuk diketahui, portal Kalteng Satu Data telah terintegrasi dengan Portal Satu Data Indonesia (SDI) dan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Lebih lanjut, Nuryakin menjelaskan bahwa PPID Utama Provinsi Kalteng telah menyediakan formulir untuk permohonan informasi, pengajuan keberatan, dan layanan maklumat.

Baca juga: 7 Kelemahan Data Vektor dalam Sistem Informasi Geografis

Selain itu, PPID Utama Provinsi Kalteng juga menyediakan fasilitas bagi penyandang disabilitas dengan menyediakan formulir yang menggunakan huruf Braille.

“Fasilitas untuk penyandang disabilitas juga disediakan akses jalan, kursi roda, dan toilet di PPID Utama dan PPID Pelaksana Provinsi Kalteng,” jelas Nuryakin.

Selanjutnya, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Provinsi Kalteng berencana merilis aplikasi Smart Province bernama "Kalteng BERKAH" pada Desember 2023.

Aplikasi tersebut akan menjadi platform terintegrasi yang mencakup layanan dasar di sektor pendidikan, kesehatan, kependudukan, sosial, perizinan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pariwisata, tata ruang, dan retribusi daerah.

Baca juga: Jadi Pemimpin Pasar, Hino Dukung Industri Transportasi dan Pariwisata

Optimis raih predikat informatif 2023

Usai melakukan presentasi, Nuryakin menyatakan bahwa pihaknya optimis untuk meraih predikat Informatif pada 2023.

"Saya optimistis dengan upaya yang telah kita lakukan untuk mendukung keterbukaan informasi publik di Kalteng, kita akan kembali meraih predikat informatif,” ujarnya kepada Multi Media Center (MMC) Kalteng.

Hal tersebut, lanjut Nuryakin, sejalan dengan arahan dari Gubernur Kalteng bahwa arus informasi dan hak masyarakat untuk mengetahui tidak boleh terhambat.

Baca juga: Menteri Bahlil Janji akan Perhatikan Hak Masyarakat Pulau Rempang

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com