Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Luncurkan Lampu Hias dan Air Mancur di Jembatan Kahayan, Gubernur Kalteng: Kita Butuh Ikon Khas Daerah

Kompas.com - 08/07/2023, 13:32 WIB
Inang Sh ,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengatakan, seiring dengan kemajuan pembangunan Kalteng, diperlukan simbol ikonik yang mewakili ciri khas sejarah daerah.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng memperindah kawasan sejarah Jembatan Kahayan dengan menambahkan pencahayaan lampu hias dan air mancur yang bergerak, tanpa mengubah nilai sejarah dan kondisi existing jembatan. 

Dia menyampaikan hal tersebut pada acara peluncuran Lampu Hias dan Air Mancur Jembatan Kahayan di Taman Pasuk Kameloh Jembatan Kahayan, Kota Palangka Raya, Kalteng, Jumat (7/7/2023). 

Sugianto berharap, pembangunan lampu hias dan air mancur di Jembatan Kahayan akan menjadi ikon baru di kawasan wisata tepian Sungai Kahayan, Kota Palangka Raya.

“Terlebih lagi ke depan, kawasan Flamboyan dan sekitarnya akan menjadi salah satu zona penataan kawasan wisata pembangunan waterfront city,” ujarnya dalam siaran pers. 

Baca juga: Lahan Gambut Desa Talio Hulu Kalteng, Dulu Langganan Karhutla, Kini Produktif Menghasilkan Padi Berkualitas

Sugianto juga berharap, momen peluncuran itu akan mendorong semangat untuk bekerja lebih keras dan terus berinovasi dalam membangun Kalteng, terutama untuk mewujudkan semboyan "Kalteng Makin Berkah". 

Peluncuran Lampu Hias dan Air Mancur Jembatan Kahayan ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Sugianto dan pementasan kembang api. 

Acara peluncuran Lampu Hias dan Air Mancur Jembatan Kahayan di Taman Pasuk Kameloh Jembatan Kahayan Kota Palangka Raya, Jumat (7/7/2023). 
DOK. Humas Pemprov Kalteng Acara peluncuran Lampu Hias dan Air Mancur Jembatan Kahayan di Taman Pasuk Kameloh Jembatan Kahayan Kota Palangka Raya, Jumat (7/7/2023).

Sugianto juga mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung pembangunan dan pelaksanaan peluncuran tersebut. 

Sebagai informasi, acara itu dihadiri Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Wali Kota Palangka Raya, para asisten dan staf ahli gubernur, kepala perangkat daerah, dan kepala instansi vertikal. 

Baca juga: Optimalkan Peningkatan SDM Daerah, Pemprov Kalteng Jalin Kerja Sama dengan UI

Setelah peluncuran, Gubernur Kalteng dan rombongan bergerak menuju Kantor Gubernur Kalteng untuk menghadiri acara Kalteng Bersholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com