Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Optimalkan Peningkatan SDM Daerah, Pemprov Kalteng Jalin Kerja Sama dengan UI

Kompas.com - 02/03/2023, 20:30 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) guna mengoptimalkan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di provinsi yang bakal menjadi daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) ini.

Jalinan kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran dan Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan, Pemprov Kalteng siap menjadi mediator penghubung antara perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta untuk melakukan kerja sama dengan UI.

“Saya begitu mengapresiasi UI beserta seluruh jajarannya yang mau menerima jalinan kerja sama ini. Saya rasa sangat penting dukungan dan kerja sama ini untuk memberikan kontribusi terkait penelitian, pembangunan, dan pengembangan daerah di Kalteng,” ungkap Gubernur Sugianto dalam sambutannya di acara penandatanganan nota kesepakatan bersama tersebut.

Baca juga: Pemprov Kalteng: Food Estate Bukan Program Kaleng-kaleng, Dampaknya Besar Bagi Kesejahteraan Petani

Selain mengoptimalkan peningkatan SDM, kata Gubernur Sugianto, kerja sama ini diharapkan dapat mendorong percepatan berbagai program pembangunan dan kemajuan di segala sektor, sehingga manfaatkan dapat dirasakan oleh masyarakat.

“(Kerja sama) ini hendaknya dapat dioptimalkan untuk terus memperkuat penciptaan inovasi produk daerah, kualitas SDM, kapasitas daerah dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA), dan pengembangan ekonomi lokal, serta potensi lain yang dapat dikembangkan sebagai komoditas unggulan daerah,” kata Gubernur Sugianto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (2/3/2023).

Pada kesempatan itu, Gubernur Sugianto mengatakan, Pemprov Kalteng merencanakan membangun universitas atau perguruan tinggi (PT) di dua wilayah di Kalteng.

“Kalteng sebelumnya telah memiliki beberapa PT, baik negeri maupun swasta. Ke depan, rencana pembangunan ini akan dilakukan di wilayah timur, tepatnya di Das Barito serta di wilayah Barat, tepatnya di Kotawaringin,” ujar Gubernur Sugianto.

Baca juga: Pertamina dan Pemprov Kalteng Kerja Sama Penggunaan Aset Jalan 60 Km

Pada kesempatan tersebut, Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mengatakan bahwa pihaknya siap menjalin sinergi bersama Pemprov Kalteng untuk menjalin pendekatan pentaheliks, yakni pendekatan terhadap pendidikan tinggi, masyarakat, pemerintah daerah, dan industri.

Menurutnya, pendekatan ini akan memberikan kontribusi di dunia nyata dan bisa diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.

“Provinsi Kalteng adalah provinsi terbesar di Indonesia dan UI ingin berperan sebagai kolaborator pembangunan Kalteng. Maka dari itu, kami terbuka untuk kerja sama di 14 fakultas yang ada dan bisa turut berperan dalam perencanaan pembangunan,” ujar Ari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com