Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Polisi dan Pegawai Positif Covid-19, Kantor Samsat Kobar Sempat Tutup 2 Hari

Kompas.com - 27/07/2020, 08:06 WIB
Kontributor Pangkalan Bun, Dewantara,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Sejumlah anggota kepolisian dan pegawai harian lepas (PHL) yang di Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Kompas.com, kasus terkonfirmasi terdiri dari sembilan anggota Kepolisian Resor Kotawaringin Barat, lima pegawai harian lepas (PHL), dan satu orang pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPD) Badan Pendapatan Daerah Kalimantan Tengah yang bertugas di Samsat Kotawaringin Barat.

Menyikapi hal ini, Samsat Kobar telah menghentikan layanan di dalam kantor dan mengalihkannya ke layanan Samsat Keliling (Samling).

Baca juga: Tak Perlu ke Samsat, Bayar Pajak Kendaraan Bisa via Bukalapak

"Layanan dalam ruangan kantor kami hentikan dulu. Setiap hari kami sterilkan agar segera bisa digunakan untuk pelayanan lagi," ujar Kepala UPT PPD Badan Pendapatan Daerah Kalimantan Tengah Muhammad Rahman, Sabtu (25/7/2020).

Selama dua hari, 24 dan 25 Juli 2020, pelayanan dialihkan di luar ruangan dengan memanfaatkan fasilitas di bus Layanan Samsat Keliling.

Bus ini ditempatkan di halaman belakang kantor Samsat Kobar yang menghadap ke Jalan Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun.

Rahman menambahkan, semua petugas kepolisian dan pegawai yang dinyatakan terkonfirmasi tersebut menjalani tes usap tenggorokan (swab) setelah sebelumnya dinyatakan rapid reaktif.

Semuanya diduga terpapar Covid-19 dari salah seorang petugas kepolisian yang menjadi kontak erat salah seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Madurejo.

Baca juga: Bekanjur Banyu, Keceriaan Warga Kobar di Tengah Kepungan Banjir

Itu diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat Jhonferi Sidabalok saat dimintai konfirmasi.

"Dari hasil tracing terhadap kontak erat tenaga kesehatan di Puskesmas Madurejo itu, satu di antaranya bekerja di Samsat Kobar," terang Jhonferi.

Lalu, pihaknya melanjutkan pelacakan sehingga didapati sejumlah kontak erat lagi. Setelah screening melalui rapid test dan dinyatakan reaktif, mereka kemudian diikutsertakan dalam tes usap tenggorokan rutin yang digelar Gugus Tugas Covid-19 di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kotawaringin Barat pada 21 Juli lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com