Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Covid-19 Madiun: Tambah 3 Kasus Positif, Seluruhnya Tenaga Medis

Kompas.com - 22/05/2020, 23:31 WIB
Muhlis Al Alawi,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com - Bupati Madiun Ahmad Dawami mengumumkan tambahan tiga kasus positif Covid-19 pada Jumat (22/5/2020). Seluruh pasien positif Covid-19 baru itu merupakan tenaga medis.

"Hari ini ada tambahan tiga pasien positif Covid-19 di Kabupaten Madiun, ketiga pasien positif merupakan pejuang garda terdepan (tenaga medis) penanganan kasus Covid-19," kata pria yang akrab disapa Kaji Mbing itu pada Jumat malam.

Baca juga: 2 Tenaga Medis Penanganan Covid-19 Intan Jaya Dikabarkan Ditembak KKB, 1 Orang Tewas

Kaji Mbing mengatakan, hingga saat ini terdapat lima tenaga kesehatan yang dinyatakan positif Covid-19 di Kabupaten Madiun.

Mereka terdiri dari dua dokter dan tiga perawat. Mereka diduga tertular dari pasien positif Covid-19 yang ditangani.

"Kelima tenaga medis itu tertular dari pasien positif lain klaster Pondok Temboro Magetan dan Pelatihan TKHI Surabaya," jelas Kaji Mbing. 

Kaji Mbing menyebut, sebanyak 24 kasus positif Covid-19 tercatat di Madiun hingga Jumat. Dari jumlah itu, enam pasien dinyatakan sembuh.

Sementara sisanya masih dirawat di ruang isolasi sejumlah rumah sakit.

Puluhan kasus positif itu tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Madiun. Sehingga Pemkab Madiun menetapkan 10 kecamatan itu sebagai zona merah Covid-19.

Baca juga: 32 Kasus Positif Covid-19 di Malang, Paling Banyak dari Klaster Tenaga Kesehatan

Dalam kesempatan itu, Kaji Mbing mengimbau masyarakat memerhatikan penyebaran virus corona baru atua Covid-19. Sebab, ketika dilakukan pelacakan, satu pasien positif Covid-19 pernah melakukan interaksi dengan 80 sampai 200 orang.

Kaji Mbing juga meminta masyarakat menghargai jerih payah tim medis yang berjuang di garis depan. Masyarakat diimbau tak keluar rumah dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com