Kondisi Membaik Selama Karantina Mandiri, Pasien Positif di Jombang Tunggu Hasil Swab

Kompas.com - 07/04/2020, 20:35 WIB
Budi Winarno, Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Jawa Timur, saat memberikan keterangan terkait perkembangan kasus Covid-19, di media center Pemkab Jombang, Senin (6/4/2020). KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍBudi Winarno, Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Jawa Timur, saat memberikan keterangan terkait perkembangan kasus Covid-19, di media center Pemkab Jombang, Senin (6/4/2020).

JOMBANG, KOMPAS.com- Satu dari dua pasien positif virus corona baru atau Covid-19 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, telah menjalani karantina selama 14 hari.

Pasien pertama tersebut dinyatakan positif Covid-19 setelah pulang menunaikan ibadah umrah. Saat ini, kondisi pasien itu sehat dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Untuk kasus positif pertama, hari ini kondisinya sehat dan berdasarkan hitungan sudah melewati masa pengawasan selama 14 hari," kata Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (7/4/2020).

Budi memerinci, pasien berjenis kelamin perempuan itu menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Jombang dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) pada 17 Maret 2020.

Sepekan kemudian, pasien itu meninggalkan rumah sakit karena dinyatakan sehat.

Baca juga: 2 Pasien Positif Corona Meninggal dalam 2 Hari, Salah Satunya PDP asal Mimika

Tapi, tiga hari pascakeluar dari RS, hasil pemeriksaan swab menyatakan pasien positif virus corona baru atau Covid-19.

Meski dinyatakan positif, pasien pertama di Jombang itu memilih menjalani karantina mandiri di rumahnya.

Kini, kondisi pasien itu telah sehat. Budi mengatakan, berdasarkan rapid test virus corona yang dilakukan pada awal April 2020, tak ada reaksi pada tes pasien tersebut.

Untuk memastikan kesembuhan pasien, Budi masih menunggu hasil pemeriksaan swab kedua yang diambil pada 31 Maret 2020.

"Kalau hasil Rapid Tes negatif. Tapi untuk kepastian bahwa pasien sudah terbebas dari Covid-19 atau belum, kita tunggu hasil pemeriksaan Swab. Sampai hari ini belum kami terima," ujar Budi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X