Salin Artikel

Kondisi Membaik Selama Karantina Mandiri, Pasien Positif di Jombang Tunggu Hasil Swab

Pasien pertama tersebut dinyatakan positif Covid-19 setelah pulang menunaikan ibadah umrah. Saat ini, kondisi pasien itu sehat dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Untuk kasus positif pertama, hari ini kondisinya sehat dan berdasarkan hitungan sudah melewati masa pengawasan selama 14 hari," kata Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (7/4/2020).

Budi memerinci, pasien berjenis kelamin perempuan itu menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Jombang dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) pada 17 Maret 2020.

Sepekan kemudian, pasien itu meninggalkan rumah sakit karena dinyatakan sehat.

Tapi, tiga hari pascakeluar dari RS, hasil pemeriksaan swab menyatakan pasien positif virus corona baru atau Covid-19.

Meski dinyatakan positif, pasien pertama di Jombang itu memilih menjalani karantina mandiri di rumahnya.

Kini, kondisi pasien itu telah sehat. Budi mengatakan, berdasarkan rapid test virus corona yang dilakukan pada awal April 2020, tak ada reaksi pada tes pasien tersebut.

Untuk memastikan kesembuhan pasien, Budi masih menunggu hasil pemeriksaan swab kedua yang diambil pada 31 Maret 2020.

"Kalau hasil Rapid Tes negatif. Tapi untuk kepastian bahwa pasien sudah terbebas dari Covid-19 atau belum, kita tunggu hasil pemeriksaan Swab. Sampai hari ini belum kami terima," ujar Budi.


Sementara itu, Direktur RSUD Jombang Pudji Umbaran membenarkan kondisi pasien yang menjalani karantina mandiri itu sehat.

"Kondisi pasien sangat baik dan sehat. Sekarang masih isolasi mandiri di rumah," ungkap dia.

RSUD Jombang belum menerima hasil uji laboratorium pasien itu hingga Selasa petang.

"Hasil pemeriksaan Swab terakhir belum keluar. Mudah-mudahan hasilnya segera keluar dan hasilnya negatif Covid-19," ujar dia.

2 ODP Meninggal Dunia

Berdasarkan data perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Jombang, tercatat dua pasien positif corona, salah satu pasien masih menjalani perawatan di RSUD Jombang.

Secara akumulatif, tercatat ada enam pasien dalam pengawasan (PDP). Rinciannya, satu meninggal, dua dirawat di RSUD Jombang, dua isolasi mandiri, dan satu dinyatakan selesai pemantauan 14 hari.

Sedangkan 294 orang dalam pemantauan (ODP) tercatat di Kabupaten Jombang. Sebanyak dua ODP dinyatakan meninggal.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/07/20351591/kondisi-membaik-selama-karantina-mandiri-pasien-positif-di-jombang-tunggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke