Cegah Masuknya Virus Corona, Pemkab Tolitoli Tutup Jalur Masuk Wilayah Itu

Kompas.com - 29/03/2020, 17:44 WIB
Ilustrasi lockdown karena virus corona ShutterstockIlustrasi lockdown karena virus corona

PALU, KOMPAS.com - Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah akhirnya memberlakukan semi penutupan pintu masuk di wilayah itu.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi masuknya wabah virus corona atau Covid-19.

Penutupan pintu masuk ke Kabupaten Tolitoli bakal diberlakukan Senin (30/3/2020) pukul 00.00 Wita. 

Kabag Humas Pemda Tolitoli Arham Yaqub mengatakan penutupan jalur masuk ke wilayah Kabupaten Tolitoli sementara waktu itu berlaku selama 14 hari.

"Jadi bukan lockdown atau karantina wilayah, kita hanya memberlakukan orang yang mau masuk ke Tolitoli tidak diperbolehkan," kata Kabag Humas Arham, lewat sambungan seluler, Minggu (29/3/2020).

Baca juga: Terapkan Lockdown Parsial, Sebagian Ruas Jalan di Kota Bandung Bakal Ditutup

Menurutnya, yang diperbolehkan masuk hanya mobil ambulans, mobil angkutan bahan bakar minyak dan gas, serta mobil pengangkut sembilan bahan pokok (sembako) yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

Begitu pun untuk jalur laut yang diperbolehkan hanya kapal pengangkut barang, yang terbuka hanya Bandar Udara Sultan Bantilan.

"Tapi yang jelas semua yang masuk ke Tolitoli harus melalui pemeriksaan ketat," ujar Arham.

Baca juga: Social Distancing Tak Efektif, Jabar Buka Opsi Lockdown Zona Merah Covid-19

Salah satu warga Tolitoli, Like Juliet (38) mengaku sudah mendengar adanya penutupan pintu masuk di wilayahnya. Namun ia tidak mengalami panic buying atas kebijakan ini.

"Warga di sini saya lihat biasa saja dengar pengumuman ini. Tidak ada mereka panik dan memborong bahan makanan. Tadi saya ke toko beli susu untuk anak saya, tidak ada antrian. Pokoknya normal," kata Like.

Sampai saat ini Tolitoli dan sejumlah daerah lain belum ada pasien dengan pemantauan (PDP) yang dinyatakan postif corona, selain di Kota Palu.  

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X