Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan Lockdown Parsial, Sebagian Ruas Jalan di Kota Bandung Bakal Ditutup

Kompas.com - 29/03/2020, 16:03 WIB
Putra Prima Perdana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung belum mau melakukan lockdown seperti beberapa daerah di Indonesia sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung untuk menutup sebagian ruas jalan di Kota Bandung yang kerap menimbulkan keramaian.

"Sampai hari ini kita rapat dengan Forkompimda kita terus memberikan kesadaran kepada masyarakat. Kalaupun ada lockdown, sifatnya lockdown yang parsial. Barusan kita sampaikan ke Kapolrestabes mungkin ada jalan di Kota Bandung ini ditutup sebagian," kata Oded kepada wartawan, Minggu (29/3/2020).

Baca juga: Antisipasi Corona, Polisi Tutup Ruas Jalan Utama di Bandung

Meski demikian, Oded mengimbau agar warga Kota Bandung tetap berada di dalam rumah dan tidak pergi ke luar kota atau mudik.

"Saya mengimbau warga Kota  Bandung kita harus kembali ke rumah. Saya berharap dengan ada wabah ini orang-orang tetap berada di dalam rumah. Oleh karena itu, yang dari luar kota masuk ke Bandung agar menahan diri. Warga Kota Bandung yang di luar kota juga menahan diri termasuk yang di dalam Kota Bandung agar tidak menyebar," ujarnya.

Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya membantah jika penutupan sebagian jalan di Kota Bandung yang kerap menimbulkan keramaian merupakan bentuk awal lockdown.

"Ini bukan lockdown kita jauh dari itu," ucap Ulung.

Baca juga: Kerusakan Hutan Disinyalir Penyebab Banjir Bandang di Bandung Barat

Ulung mengatakan, penutupan jalan dimaksudkan untuk mengurangi keramaian di jalan.

Meski demikian, dia belum bisa mengatakan jalan mana saja yang akan ditutup.

"Penutupan ruas jalan itu yang mana membrikan imbauan karena jalan sering dilewati makanya kita tutup biar memberikan rasa atensi (bentuk perhatian Pemkot Bandung)," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com