Terapkan Lockdown Parsial, Sebagian Ruas Jalan di Kota Bandung Bakal Ditutup

Kompas.com - 29/03/2020, 16:03 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANAWali Kota Bandung Oded M Danial

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung belum mau melakukan lockdown seperti beberapa daerah di Indonesia sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung untuk menutup sebagian ruas jalan di Kota Bandung yang kerap menimbulkan keramaian.

"Sampai hari ini kita rapat dengan Forkompimda kita terus memberikan kesadaran kepada masyarakat. Kalaupun ada lockdown, sifatnya lockdown yang parsial. Barusan kita sampaikan ke Kapolrestabes mungkin ada jalan di Kota Bandung ini ditutup sebagian," kata Oded kepada wartawan, Minggu (29/3/2020).

Baca juga: Antisipasi Corona, Polisi Tutup Ruas Jalan Utama di Bandung

Meski demikian, Oded mengimbau agar warga Kota Bandung tetap berada di dalam rumah dan tidak pergi ke luar kota atau mudik.

"Saya mengimbau warga Kota  Bandung kita harus kembali ke rumah. Saya berharap dengan ada wabah ini orang-orang tetap berada di dalam rumah. Oleh karena itu, yang dari luar kota masuk ke Bandung agar menahan diri. Warga Kota Bandung yang di luar kota juga menahan diri termasuk yang di dalam Kota Bandung agar tidak menyebar," ujarnya.

Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya membantah jika penutupan sebagian jalan di Kota Bandung yang kerap menimbulkan keramaian merupakan bentuk awal lockdown.

"Ini bukan lockdown kita jauh dari itu," ucap Ulung.

Baca juga: Kerusakan Hutan Disinyalir Penyebab Banjir Bandang di Bandung Barat

Ulung mengatakan, penutupan jalan dimaksudkan untuk mengurangi keramaian di jalan.

Meski demikian, dia belum bisa mengatakan jalan mana saja yang akan ditutup.

"Penutupan ruas jalan itu yang mana membrikan imbauan karena jalan sering dilewati makanya kita tutup biar memberikan rasa atensi (bentuk perhatian Pemkot Bandung)," tandasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X