PVMBG Selidiki Tanah Bergerak yang Rusak Puluhan Rumah di Sukabumi

Kompas.com - 26/02/2020, 07:44 WIB
Tim PVMBG Badan Geologi dan BPBD bersama warga mengecek tanah ambles kedalaman 2 meter dengan panjang sekitar 100 meter di pinggiran Kampung Batugede, Desa Cimerang, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020). KOMPAS.COM/BUDIYANTOTim PVMBG Badan Geologi dan BPBD bersama warga mengecek tanah ambles kedalaman 2 meter dengan panjang sekitar 100 meter di pinggiran Kampung Batugede, Desa Cimerang, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020).

SUKABUMI, KOMPAS.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG) Badan Geologi menyelidiki rusaknya puluhan rumah di Kampung Batugede, Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020).

Lokasi yang berbatasan dengan Kecamatan Nyalindung ini, tim bergerak ke sejumlah lokasi terjadinya retakan tanah.

"Hasil pengecekan, di kampung ini memang terjadi bencana gerakan tanah dengan tipe rayapan lambat," kata Penyelidik Geologi PVMBG Yunara Dasa Triana kepada Kompas.com selesai penyelidikan di Kampung Batugede.

Baca juga: Jalan Provinsi yang Nyaris Putus di Sukabumi Sudah Bisa Dilintasi Motor

Dari hasil pantauan terlihat retakan pada tanah serta bangunan di lantai dan dinding.

"Seperti di masjid retakannya banyak, kalau di rumah panggung, batu pondasi yang bergeser atau miring," kata Yunara.

Berdasarkan informasi warga sejak 2015 sudah terjadi retakan.

 

Puncaknya pada awal Januari 2020, ketika saat itu curah hujan di Jawa Barat tinggi sehingga gerakan tanah semakin berkembang.

"Kalau melihat sejarah yang berulang, daerah ini punya potensi tinggi terjadinya gerakan tanah," sambung dia.

Pemantauan mandiri oleh warga

Saat ini, kata dia, kondisi perkembangan gerakan tanahnya terlihat sudah tidak intensif karena curah hujan sudah mulai berkurang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X