Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Bergerak di Purabaya Sukabumi Semakin Mengkhawatirkan

Kompas.com - 06/02/2020, 21:52 WIB
Budiyanto ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Dua pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akhirnya meninjau lokasi pergerakan tanah di Kampung Batugede, Desa Cimerang, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (6/2/2020) sore.

Sebelumnya BPBD Kabupaten Sukabumi menerima laporan dari Pemerintah Desa Cimerang tertanggal 12 Januari 2020 mengenai pergerakan tanah yang mengakibatkan rusaknya sebanyak 49 unit rumah dan masjid.

Di antaranya 12 unit rumah dalam kondisi mengkhawatirkan.

Baca juga: Kronologi Fenomena Tanah Bergerak di Cianjur: Pematang Sawah Bergeser, Penduduk Diungsikan

Menerima laporan tersebut, BPBD Kabupaten Sukabumi langsung berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) - Badan Geologi untuk mengkaji daerah yang diindikasikan terjadinya pergerakan tanah.

''Kami sudah berkoordinasi dengan PVMBG dua pekan lalu. Kita harus menunggu lebih teknisnya lagi permasalahan terjadinya pergerakan tanah di sini. Apakah akibat kondisi kontur tanah di sini atau memang ada unsur lain,'' kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sukabumi Arianja Hasbulwafi kepada Kompas.com di Kampung Batugede, Kamis.

Baca juga: Bencana Tanah Bergerak Landa Purabaya Sukabumi, Bangunan Retak-retak, Fondasi Geser, hingga Rumah Panggung Miring

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com