Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemkab Tanah Bumbu Luncurkan MC Tanbu, Aplikasi Media Informasi dan Layanan Publik 

Kompas.com - 04/12/2023, 15:35 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu meluncurkan aplikasi media informasi dan pelayanan publik Media Center Tanah Bumbu atau disebut MC Tanbu.  

Aplikasi tersebut menyajikan informasi khusus tentang Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu, serta info layanan program baru yang luncurkan oleh pemkab setempat. 

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kadiskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu Akhmad Salehuddin menegaskan, MC Tanbu lebih dari sekadar aplikasi. 

Pasalnya, aplikasi tersebut ke depannya akan menjadi sebuah solusi jangka panjang dalam mengoptimalkan pelayanan publik, khususnya terhadap masalah diseminasi informasi pemerintah daerah ke masyarakat.

"Melalui MC Tanbu, kami berkomitmen akan mengintegrasikan semua layanan yang langsung bersentuhan dengan publik pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan menjalin Kerja sama dengan para stakeholder,” ujarnya.

Baca juga: Syukuran Pendopo Serambi Madinah, Pemkab Tanah Bumbu Gelar Tabuhan 1.000 Rebana

Dia mengatakan itu dalam Aksi Perubahan Akhmad Salehuddin NDH.25 pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VIII Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kalimantan Selatan (Kalsel), di Hotel Ebony, Batulicin, Tanah Bumbu, Senin (4/12/2023).  

Dengan begitu, kata dia, masyarakat dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkan berbagai layanan Pemkab Tanbu secara terpusat. 

“Ini adalah langkah besar dalam mewujudkan pemerintahan yang efisien, terbuka, dan responsif," ungkapnya dalam siaran pers.

Aplikasi MC Tanbu menyediakan berbagai fitur yang memudahkan masyarakat, seperti mendapatkan informasi terkini seputar berita Kabupaten Tanah Bumbu, layanan pengaduan masyarakat, program-program strategis daerah, dan lainnya. 

MC Tanbu juga dirancang menjadi wadah bagi pemerintah berkomunikasi langsung dengan masyarakat, memastikan transparansi, dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. 

Dengan demikian, aplikasi MC Tanbu bertujuan mencerdaskan masyarakat yang lebih informatif, maju, dan berdaya saing, serta mendukung visi dan misi pembangunan daerah dalam mewujudkan Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah.

Baca juga: Bantu LP Batulicin, Bupati Tanah Bumbu Terima Penghargaan dari Kanwil Kemenkumham Kalsel

Pada kesempatan itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menyambut baik kehadiran MC Tanbu sebagai sebuah terobosan penting dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. 

"Kami sangat mengapresiasi langkah inovatif MC Tanbu sebagai wujud komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Tanbu, khususnya dalam menginformasikan berbagai program dan kebijakan pemerintah daerah" ujarnya.

Aplikasi MC Tanbu dapat diakses melalui perangkat Android dan iOS dengan memastikan aksesibilitas yang maksimal bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com