Petani di Sumsel Tewas Diserang Beruang Madu

Kompas.com - 04/12/2019, 14:48 WIB
Habitat Beruang Madu kian terdesak, memaksa mereka perlahan menjadi hewan nokturnal nationalgeographic.comHabitat Beruang Madu kian terdesak, memaksa mereka perlahan menjadi hewan nokturnal

OKU, KOMPAS.com- Konflik satwa liar dengan manusia kembali terjadi di Sumatera Selatan. Kali ini, Nawandri (25) warga Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), harus meregang nyawa usai diserang beruang madu.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel Genman Suhefti Hasibuan mengatakan, kejadian itu terjadi di  Dusun 7, Talang Bukit Bungkuk, Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji, Senin (2/12/2019).

Baca juga: BKSDA Datangkan Pawang untuk Usir Harimau yang Menyerang 5 Sapi

Dari keterangan masyarakat, Genman menyebut bahwa Nawandri diserang oleh seekor beruang madu betina saat sedang melakukan kegiatan di kebun.


Korban mengalami luka di sekujur tubuhnya hingga membuatnya meninggal di tempat kejadian.

"Jarak antara lokasi kebun dan kediaman korban cukup jauh, sehingga evakuasi memakan waktu lama. Saat ini jenazah korban sudah dikebumikan,"kata Genman, Rabu (4/12/2019).

Menurut Genman, kejadian petani diserang beruang juga pernah terjadi di daerah lain.

Beberapa di antaranya terjadi di kawasan Ogan Komering Ulu, Musi Rawas, dan Empat Lawang.

Ia pun telah menyelidiki penyebab beruang itu menyerang manusia.

Sebab, sifat dari beruang sendiri biasanya akan menghindar ketika bertemu manusia, terkecuali jika habitatnya terganggu.

"Kita sudah antisipasi agar beruang ini tidak memasuki perkampungan, sehingga tidak menimbulkan korban lagi," ujar Genman.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Baturaja Aziz Abdul Latif menambahkan, lokasi tempat serangan itu memang berdekatan dengan hutan lindung yang merupakan habitat beruang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X