Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Sebagian Wilayah Sumsel Mulai Diguyur Hujan

Kompas.com - 23/09/2019, 20:37 WIB
Aji YK Putra,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II mencatat, terjadi hujan di sejumlah wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala Seksi Ovesevasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Bambang Benny Setiaji mengatakan, hujan terjadi Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI), Muara Enim pada pukul 17.30 WIB.

Hujan itu diperkirakan akan meluas ke sebagian wilayah Ogan Komering Ulu (OKU) , Musirawas, PALI, Pagaralam Lahan, dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung pada pukul 19.30WIB,"kata Bambang, Senin (23/9/2019).

Baca juga: Tertutup Kabut Asap, 14 Penerbangan di Bandara SMB II Palembang Ditunda

Diungkapkan Bambang, berdasarkan model prakiraan cuaca BMKG, potensi hujan akan terjadi dalam rentang  23-24 September di wilayah Sumatera Selatan.

Pada 23 September, peluang hujan 20-40 persen untuk Sumsel bagian timur dan 40-80 persen. Sedangkan Sumsel bagian barat peluang hujan minimal 10 mm.

"Pada tanggal 24 September 2019 peluang hujan 40-80 persen untuk seluruh wilayah Sumsel untuk peluang hujan minimal 10 mm," jelas Bambang.

Ia berharap dengan turunnya hujan, titik api yang ada di Sumsel bisa berkurang.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan, terpantau ada 657 titik api di Sumsel pada Minggu (22/9/2019).

Baca juga: Kabut Asap Makin Pekat Kepung Pekanbaru, Warga Mengungsi ke Jakarta dan Palembang

Dari total tersebut, Kabupaten Musi Banyuasin sebanyak 228 titik api, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) 114 titik, Musi Rawas 96 titik, Musi Rawas Utara 87 titik, PALI 34 titik, Banyuasin 33 titik, Ogan Ilir 24 titik, OKU Timur 15 titik, Muara enim 13 titik, OKU 11 titik, Empat Lawang 11 titik, OKU Selatan empat titik, Lahat tiga titik, dan Palembang dua titik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com