Tertutup Kabut Asap, 14 Penerbangan di Bandara SMB II Palembang Ditunda

Kompas.com - 23/09/2019, 16:20 WIB
Kondisi kabut asap tebal masih menyelimuti kota Palembang akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. KOMPAS.com/AJI YK PUTRAKondisi kabut asap tebal masih menyelimuti kota Palembang akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan.

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak 14 jadwal penerbangan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB ) II Palembang, Sumatera Selatan, mengalami penundaan ( delay), Senin (23/9/2019).

Penundaan itu karena bandara tertutup kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

General Manajer AirNav Palembang Ari Subandrio mengatakan, dari 14 penerbangan yang mengalami delay tersebut, enam merupakan jadwal penerbangan yang berangkat.

Sementara, delapan penerbangan merupakan jadwal kedatangan.


Baca juga: Kebakaran Hutan Belum Selesai, Gubernur Sumsel Kunjungan ke Malaysia

Dampak dari kabut asap kebakaran hutan dan tersebut membuat jarak pandang menjadi berkurang, sehingga para maskapai memutuskan untuk menunda penerbangan.

"Dampak asap, jarak pandang pilot berkurang. Baik take off maupun landing ditunda demi menjaga keselamatan penerbangan," kata Subandrio.

Subandrio mengungkapkan, jarak pandang di kawasan Bandara SMB II mulai memburuk pada pukul 05.30WIB.

Akibat kondisi tersebut, jadwal penerbangan pagi akhirnya ditunda selama 2 jam.

"Maskapai AirAsia dari Kuala Lumpur tadi sempat berputar-putar selama 18 menit di Bandara SMB II, sehingga mengalihkan penerbangannya ke Johor Baru. Jam 10.00 WIB tadi sudah mendarat di sini (SMB II), " kata Subandrio.

Baca juga: Apa Dampak Asap Kebakaran Hutan dan Lahan bagi Tubuh Manusia?

Sementara itu, General Manajer Bandara SMB II Palembang Fahroji menjelaskan, jarak pandang mulai menurun akibat kabut asap pada pagi hari.

Pada pukul 05.30 WIB, jarak pandang berada di posisi 1.100 meter.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X