Pimpin Aksi Bersih Teluk Ambon, Gubernur Murad Ajak Warga Bebaskan Maluku dari Sampah

Kompas.com - 20/09/2019, 14:35 WIB
Gubernur Maluku, Murad Ismail bersama Pangdam Pattimura dan Kapolda Maluku menaiki perahu karet untuk membersihkan sampah di Teluk Ambon, Jumat (20/9/2019) KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTYGubernur Maluku, Murad Ismail bersama Pangdam Pattimura dan Kapolda Maluku menaiki perahu karet untuk membersihkan sampah di Teluk Ambon, Jumat (20/9/2019)

AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku, Murad Ismail memimpin aksi bersih pantai di kawasan Teluk Ambon, Jumat (20/9/2019).

Aksi bersih pantai dalam rangka menyambut HUT ke-74 TNI tersebut ikut melibatkan aparat gabungan TNI Polri, pegawai pemerintah, pegawai BUMN, pelajar dan masyarakat umum lainnya.

Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq bersama Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa juga ikut dalam kegiatan tersebut.


Dalam aksi itu, para peserta memungut sampah di sepanjang pantai di kawasan Hatiwe Besar, Kecamatan Sirimau, hingga di kawasan Jembatan Merah Putih.

Sampah-sampah tersebut kemudian dimasukan ke tempat sampah yang telah disediakan.

Baca juga: Gubernur Maluku: Ibu Susi Harus Paraf Perpres, kalau Pura-pura Tuli ya Terpaksa…

Selain di pesisir pantai, aksi bersih sampah juga dilakukan di laut Teluk Ambon, dengan menggunakan perahu karet dan juga speedboat.

Saat menyampaikan sambutannya, Gubernur Maluku, Murad Ismail ikut mengajak seluruh elemen masyarakat di daerah itu untuk membebaskan Maluku dari sampah, khususnya sampah plastik yang sangat sulit terurai.

Menurut Murad, dari data yang ada, sampah yang dihasilkan di 11 kabupaten kota di Maluku termasuk sampah plastik mencapai 811,98 ton setiap harinya.

“Saya mengajak kita semua baik masyarakat, instansi pemerintah, lembaga pendidikan hingga BUMN, untuk mengurangi penggunaan sampah plastik,” kata dia.

Dia menuturkan, sampah saat ini menjadi masalah serius yang harus dilawan bersama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X