Bupati Ogan Ilir Akhirnya Datangi Kebun Raya Sriwijaya yang 1 Minggu Terbakar

Kompas.com - 17/09/2019, 07:51 WIB
Bupati Ogan Ilir mendatangi lokasi Kebun Raya Sriwijaya untuk membantah tudingan dirinya tidak pernah ke lokasi kebakaran lahan di daerahnya selama ini, Senin (16/9/2019). KOMPAS.com/AMRIZA NURSATRIA HUTAGALUNGBupati Ogan Ilir mendatangi lokasi Kebun Raya Sriwijaya untuk membantah tudingan dirinya tidak pernah ke lokasi kebakaran lahan di daerahnya selama ini, Senin (16/9/2019).

INDRALAYA, KOMPAS.com - Bupati Ogan Ilir Sumatera Selatan Ilyas Panji Alam membantah dirinya tidak pernah terjun ke lapangan selama kejadian kebakaran lahan terjadi di wilayahnya. 

Ilyas bahkan  membuktikannya dengan mendatangi lokasi Kebun Raya Sriwijaya di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Ogan Ilir, Senin (16/9/2019)  yang sudah satu minggu ini terbakar dan belum padam sepenuhnya.

Dengan kendaraan dinasnya Bupati Ilyas Panji Alam bersama stafnya datang ke lokasi Kebun Raya Sriwijaya Sumatera Selatan sekitar pukul 12.00 siang.

Di lokasi Ilyas langsung mengecek lahan kebun raya yang kondisi gambutnya sudah hangus terbakar. Ia juga meminta penjelasan ke Kepala BPBD Ogan Ilir tentang kondisi terakhir di lokasi tersebut.

Baca juga: BPBD Sumsel Tambah 100 Personel Padamkan Api di Kebun Raya Sriwijaya

Sementara sejumlah petugas BPBD Ogan Ilir terlihat melakukan pembasahan lahan gambut agar api yang dipermukaannya sudah padam tidak kembali menyala.

Tak turun lapangan, tetapi update perkembangan

Kepada wartawan Ilyas Panji Alam membantah tudingan bahwa sebagai bupati ia tidak pernah terjun ke lapangan selama kejadian kebakaran lahan di Ogan Ilir.

Hal itu dibuktikannya dengan datang langsung memeriksa kondisi lahan Kebun Raya Sriwijaya yang sudah sekitar satu  minggu ini terbakar.

Ilyas menjelaskan,  meksi ia jarang ke lokasi namun ia selalu mendapat update laporan kondisi kebakaran lahan di wilayahnya.

“Jadi meski saya tidak datang ke lokasi saya tahu betul tentang kondisi kebakaran lahan dan pemadamannya di Ogan Ilir ini,” katanya. 

Baca juga: Warga Tiga Desa Dikerahkan Atasi Kebakaran Lahan di Kebun Raya Sriwijaya

Menurut Ilyas kendala proses pemadaman lahan di kebun raya adalah lokasinya yang bergambut dengan kedalaman hingga satu setengah meter. Akibatnya proses pemadaman total tidak mudah dilakukan.

“Meski tidak mudah tim pemadam dari TNI-Polri, Manggala Agni dan BPBD Ogan Ilir terus melakukan upaya pemdaman hingga api benar-benar padam,” katanya.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X