Warga Tiga Desa Dikerahkan Atasi Kebakaran Lahan di Kebun Raya Sriwijaya

Kompas.com - 15/09/2019, 13:12 WIB
Gerbang utama menuju lokasi Kebun Raya Sriwijaya tampak diselimuti kabut asap akibat karhutla gambut. Kebakaran lahan gambut di lokasi ini sudah berlangsung sepekan sejak Minggu (8/9/2019) hingga Minggu (15/9/2019) dan belum padam juga. KOMPAS.com/AMRIZA NURSATRIA HUTAGALUNGGerbang utama menuju lokasi Kebun Raya Sriwijaya tampak diselimuti kabut asap akibat karhutla gambut. Kebakaran lahan gambut di lokasi ini sudah berlangsung sepekan sejak Minggu (8/9/2019) hingga Minggu (15/9/2019) dan belum padam juga.

INDRALAYA, KOMPAS.com - Sekitar 2.000 warga dari tiga desa bergotong-royong melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan gambut di lokasi Kebun Raya Sriwijaya di Desa Bakung, Ogan Ilir yang jaraknya sekitar 40 KM dari Kota Palembang, Minggu (15/9/2019). 

Tiga desa tersebut masing-masing Desa Lorok, Bakung dan Pulau Kabal Kecamatan Indralaya Utara Ogan Ilir Sumatera Selatan. Para warga memadamkan api kebakaran lahan dan hutan (karhutla) bersama personel TNI-Polri dan BPBD Sumsel dan Ogan Ilir. 

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, pada jam 08.00 WIB ribuan warga itu sudah berkumpul di lapangan Kebun Raya Sriwijaya. Mereka lalu bergerak ke lokasi yang sudah ditentukan sesuai kelompok.

Tiba di lokasi, warga yang laki-laki langsung bergerak melakukan upaya pemadaman dengan cara  menyiram lahan yang masih mengeluarkan asap air mengunakan ember.

Baca juga: Kebakaran di Kebun Raya Sriwijaya, 10 Hektar Tanaman Langka Hangus

Sedangkan warga yang kaum hawa mengambil air di kolam tak jauh dari lokasi  dengan cara estafet.

Warga lain terlihat menusuk  kayu ke tanah untuk mengeluarkan bara api sebelum disiram supaya benar-benat padam.

Warga lain melakukan penyemprotan dengan selang air.

Upaya gotong-royong

Komandan Kodim 0402 OKI-Ogan Ilir Letkol Riyandi terjun langsung bersama warga ikut melakukan pemadaman.

Dandim letkol Riyandi mengatakan, upaya mengajak warga melakukan pemadaman supaya warga tahu sulitnya melakukan pemadaman jika kebakaran sudah terjadi

"Dengan demikian diharapkan warga tidak lagi melakukan pembukakan lahan dengan cara membakar," kata Riyandi

Kegiatan itu juga tambah Riyandi, untuk menumbuhkan kembali jiwa gotong-royong yang merupakan jati diri bangsa indonesia

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X