Uang Rp 1,6 Miliar Milik Pemprov Sumut Hilang Saat Ditinggal di Mobil

Kompas.com - 10/09/2019, 21:36 WIB
Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Muhammad Ichan yang dikonfirmasi wartawan usai menggelar konferensi pers mendadak pada Selasa (10/9/2019) petang KOMPAS.COM/MEI LEANDHA ROSYANTIKabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Muhammad Ichan yang dikonfirmasi wartawan usai menggelar konferensi pers mendadak pada Selasa (10/9/2019) petang

MEDAN, KOMPAS.com - Uang milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebanyak Rp 1,6 miliar hilang pada Senin (9/9/2019) petang.

Uang tersebut diambil dari Bank Sumut oleh seorang aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai honorer.

Usai dari bank, keduanya kembali ke kantor gubernur dan menginggalkan uang di dalam mobil yang parkir di pelataran kantor gubernur.


Baca juga: Fakta Terbaru Mobil Dinas Hilang di Gedung Sate, Disuruh Orang Dalam hingga Dijanjikan Rp 2 Juta

Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Muhammad Ikhsan yang dikonfirmasi membenarkan kabar tersebut dalam konferensi pers yang digelar mendadak pada Selasa (10/9/2019) petang di ruang Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Didampingi Pelaksana Tugas BPKAD Raja Indra Saleh, awalnya Ikhsan tak mau menceritakan kronologis kejadian. Mereka beralasan akan mengirimkan rilis tertulis ke media. 

Namun setelah dicecar wartawan, Ichan akhirnya membeberkan ihkwal kehilangan uang.

Katanya, uang diambil Muhammad Aldi Budianto, staf pembantu Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Uang itu untuk membayar honor Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Pemprov Sumut

“Pukul 13.43 WIB, Aldi menerima informasi dari bendahara bahwa uang sudah masuk sebesar Rp1,6 miliar lebih. Sekitar pukul 14.00 WIB, dia ke Bank Sumut cabang utama Imam Bonjol, penarikan tunai dilakukan pukul 14.47 WIB,” kata Ikhsan.

Baca juga: Fakta Mobil Dinas Hilang di Gedung Sate, Sudah Rusak hingga Penjagaan Diperketat

Setelah mengambil uang, Aldi bersama honorer Indrawan Ginting kembali ke kantor gubernur.

Mereka tiba sekitar pukul 15.40 WIB, lalu memarkirkan mobil. Aldi dan Indrawan kemudian meninggalkan mobil dan meletakkan uang di jok belakang.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X