Kilas Daerah Semarang
KILAS DAERAH

Baru Dilantik, DPRD Semarang Langsung Dapat 'PR'

Kompas.com - 14/08/2019, 20:31 WIB
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat melantik 50 anggota DPRD periode 2019-2024.Dok. Pemkot Semarang Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat melantik 50 anggota DPRD periode 2019-2024.

KOMPAS.com – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengajak seluruh jajaran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) yang baru untuk mengawal realisasi berbagai proyek strategis Pemerintah (Pemkot) Kota Semarang.

Misalnya, pembangunan Technopark, Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL), Semarang Expo Center, rumah sakit tipe D di wilayah Mijen, dan sport center di kelurahan dan kecamatan.

Tak ketinggalan pengembangan objek wisata, peningkatan layanan Universal Health Coverage (UHC), dan berbagai program strategis peningkatan pelayanan dan kesejahteraan warga Semarang.

Hal tersebut disampaikan oleh Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, saat menghadiri proses pelantikan anggota DPRD Kota Semarang, seperti dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (14/8/2019).

Baca juga: HUT RI ke-74, Pemkot Semarang Gelar Sejumlah Kegiatan Menarik

Adapun, untuk masa jabatan 2019-2024 sebanyak 50 anggota DPRD Kota Semarang telah dilantik dan diambil sumpah jabatannya. Dari jumlah tersebut, 33 di antaranya adalah anggota DPRD petahana.

Sementara itu, Kadarlusman dari PDI Perjuangan terpilih sebagai Ketua sementara DPRD Kota Semarang periode 2019 – 2024 dan Abdul Majid dari Partai Gerindra sebagai wakilnya.

Kepada anggota DPRD baru, Hendi berharapan agar mereka dapat tulus dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Dengan begitu, berbagai program pembangunan Kota Semarang dapat terealisasi dalam lima tahun ke depan.

"Perjuangan untuk menjadi anggota DPRD sangat luar biasa. Tenaga, pikiran, hingga materi sudah banyak yang dikeluarkan. Lima tahun ke depan adalah pembuktian panjenengan semua kepada seluruh warga Kota Semarang,” tandasnya.

Baca juga: Jadi Anggota DPRD, Caleg yang Pernah Ingin Jual Ginjal Bagi-bagi Hadiah Umroh

Politisi PDI Perjuangan tersebut pun tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya atas kinerja DPRD sebelumnya, yaitu periode 2014-2019. Terutama terkait dengan kepemimpinan Ketua DPRD Supriyadi.

”Banyak hal yang sudah dikerjakan bersama-sama untuk masyarakat kota Semarang. Kami melihat DPRD di bawah kepemimpinan Pak Priyadi menjadi sebuah parlemen modern," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Supriyadi kepada para anggota dewan yang baru. Ia berharap agar dapat melanjutkan agenda yang masih belum terselesaikan.

”Kami atas pimpinan dan anggota DPRD menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan,” ujarnya.

Baca juga: Gerindra Kuasai Kursi Ketua DPRD Jabar, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

Supriyadi juga meminta kepada anggota dewan yang baru agar bisa menorehkan prestasi untuk Pemkot Semarang, seperti yang pernah dilakukan oleh anggota periode sebelumnya.

“Memperoleh opini Wajar tanpa pengecualian WTP dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) selama lima tahun terakhir, melahirkan ratusan regulasi, Peraturan Daerah (Perda), dan berbagai produk hukum,” terangnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya