Gerindra Kuasai Kursi Ketua DPRD Jabar, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

Kompas.com - 14/08/2019, 11:56 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, beberapa waktu lalu.DENDI RAMDHANI Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, beberapa waktu lalu.

BANDUNG, KOMPAS.com - Partai Gerindra dipastikan bakal menduduki kursi ketua DPRD Jawa Barat setelah mendapat kursi terbanyak dalam Pemilihan Legislatif 2019.

Mengomentari hal itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, perubahan komposisi pimpinan DPRD Jabar memang dinamis tiap periode.

"Saya kira memang uniknya di Jabar tiap lima tahun ada perubahan komposisi menandakan memang aspirasi masyarakat Jabar berdasarkan dengan gagasan-gagasan yang mungkin relevan sesuai ekspektasinya," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (14/8/2019).

Emil menilai, dinamika politik semacam itu wajar terjadi. Ia pun mengaku telah berkomunikasi secara informal dengan petinggi partai untuk menyamakan visi dan misinya dalam membangun Jawa Barat hingga akhir jabatannya.


Baca juga: Kemesraan PDI-P-Gerindra Disebut Jadi Tanda Bakal Ada Agenda Besar

"Saya kira wajar saja dan pola politik daerah tak ada istilah koalisi oposisi. Semuanya cair, diberi komunikasi yang memadai, semua kolaboratif membangun Jabar juara di masa depan. Saya juga sudah bertemu dengan pimpinan partai secara informal. Semua menyatakan semangat untuk membangun bersama," tuturnya.

Komitmen Gerindra

Disinggung soal komitmen Partai Gerindra yang akan mengawasi kinerjanya, Emil mengaku tak khawatir. Menurut dia, mengawasi eksekutif memang sudah jadi tugas anggota legislatif. 

"Gak ada hal yang baru, tugas dewan kan penganggaran, pengawasan, dan membuat legislasi. Jadi kalau disampaikan ya tugasnya itu. Yang penting semangatnya kebersamaan saja karena pembangunan Jabar kan bukan untuk orang per orang," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menetapkan Partai Gerindra  sebagai peraih kursi terbanyak di DPRD Provinsi Jawa Barat dengan perolehan 25 kursi.

Baca juga: Duduki Pimpinan DPRD Jawa Barat, Gerindra Siap ‘Teriak’ Kritisi Ridwan Kamil

Penetapan dilangsungkan dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat dengan agenda penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Jawa Barat 2019-2024.

Dengan hasil demikian, Partai Gerindra dipastikan berhak menempatkan salah satu kadernya sebagai ketua DPRD Jawa Barat.

Mendapatkan posisi demikian, Partai Gerindra berkomitmen akan menjadi pihak paling terdepan untuk mengkritisi setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang saat ini dipimpin oleh pasangan  Ridwan Kamil -Uu Ruzhanul Ulum.


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X