Tanggapan Plt Bupati Malang soal Mutasi Jabatan Ilegal

Kompas.com - 17/06/2019, 12:30 WIB
Plt Bupati Malang Sanusi saat ditemui di Kantor Bupati Malang, Senin (17/6/2019) KOMPAS.com/ANDI HARTIKPlt Bupati Malang Sanusi saat ditemui di Kantor Bupati Malang, Senin (17/6/2019)

MALANG, KOMPAS.com - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Malang mengaku sudah mendapatkan surat izin tertulis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait mutasi jabatan terhadap 248 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

Mutasi yang dilakukan pada 31 Mei 2019 itu menuai sorotan dari sejumlah pihak karena dinilai ilegal.

Sebab, status Sanusi masih Plt dan pengajuan rencana mutasi itu ditolak oleh Kemendagri. Sedangkan, seorang Plt boleh melakukan mutasi jabatan jika mendapatkan izin dari Kemendagri.

"Izinnya sudah turun. Persis sama dengan itu," kata Sanusi di Kantor Bupati Malang, Senin (17/6/2019).

Baca juga: Mutasi Jabatan Ilegal, DPRD Akan Panggil Plt Bupati Malang

Sanusi mengatakan, Kemendagri awalnya menolak karena masih pada tahap proses. Setelah Sanusi resmi memutasi dan menimbulkan polemik, Kemendagri akhirnya menyetujuinya.

"Ditolak kan pertama dan berproses. Jadi kalau administrasi itu kan bisa. Plt saya turun 6 Mei tapi berlaku mulai 2 Februari," jelasnya.

Pernyataan Sanusi itu sekaligus menegaskan bahwa Surat Keputusan (SK) mutasi jabatan 248 aparatur sipil negara (ASN) itu tidak akan dibatalkan.

Sanusi mengatakan, SK mutasi itu tidak akan dibatalkan selama tidak ada keputusan dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Saya bisa membatalkan kalau ada putusan PTUN," katanya.

Meski begitu, Sanusi tidak mau menjawab kapan surat izin tertulis dari Kemendagri itu turun. Begitu juga dengan teknis apakah ASN yang terkena mutasi harus menjalani pelantikan ulang.

"Nanti menunggu lebih lanjut. Nanti ada petunjuknya," katanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X