Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati: Penghadangan Penjemput Wisatawan di Pangandaran Itu Pola Premanisme

Kompas.com - 21/01/2019, 14:37 WIB
Candra Nugraha,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Penghadangan sopir penjemput wisatawan oleh orang tidak dikenal di Stasiun Banjar, Jawa Barat, mendapat reaksi dari Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Menurut Jeje, hal itu merupakan persoalan serius.

"Saya kira ini pola premanisme. Pola-pola itu menghambat, merugikan semua pihak," kata Jeje, saat ditemui di Pangandaran, Senin (21/1/2019).

Jeje mengatakan, saat ini zamannya pasar yang harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, termasuk tamu hotel.

Baca juga: Penjemput Wisatawan Pangandaran Dihadang Orang Tak Dikenal di Stasiun Banjar

Pihak hotel, kata Jeje, sudah memberikan pelayanan sangat baik dengan menjemput tamunya di Stasiun Banjar.

"(Penghadangan) merugikan orang yang mau memberikan pelayanan terbaik," ujar dia.

Atas adanya penghadangan itu, Jeje mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Banjar.

Selain itu, dia juga akan membahasnya dengan Polres Banjar. "Akan koordinasi kenapa bisa begitu (terjadi penghadangan)," kata dia.

Terkait keberadaan bus wisata yang menjemput wisatawan yang akan ke Pangandaran, Jeje mengatakan, pihaknya akan mencoba mencari tahu berapa jumlah penumpang Kereta Api Pangandaran yang akan melanjutkan perjalanan ke Pangandaran.

Karena menurut dia, bisa saja penumpang kereta tersebut hanya sampai Kota Banjar.

"Kami akan coba (cari tahu) berapa sih penumpang yang langsung ke Pangandaran, dari kereta itu. Apa mereka sampai ke Pangandaran atau hanya sampai Banjar. Akan kami lihat," ujar dia.

Sopir Hotel Sun In Pangandaran yang akan menjemput wisatawan yang hendak liburan di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, sebelumnya dihadang orang tidak dikenal di Stasiun Kota Banjar.

Baca juga: Nelayan Pangandaran Tewas Tertusuk Moncong Ikan Caroang saat Melaut

Peristiwa ini terjadi saat sang sopir akan menjemput wisatawan yang baru turun dari Kereta Api Pangandaran di Stasiun Kota Banjar.

Peristiwa itu disampaikan akun Facebook Hotel Sun In Pangandaran, Jumat (18/1/2019) lalu. Dalam postingannya disebutkan bahwa pengelola hotel terkendala dengan orang tak dikenal di Stasiun Kota Banjar saat akan jemput tamu hotel.

Mereka tidak memperbolehkan sopir hotel menjemput wisatawan di stasiun. Orang tak dikenal tersebut beralasan, tamu yang turun di Stasiun Banjar adalah jatah penumpang mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com