Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan April Ini, Ridwan Kamil Bakal Pecat Dua Lurah

Kompas.com - 13/04/2016, 13:10 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kembali akan melakukan bersih-bersih aparat kewilayahan yang melanggar kode etik.

Tak tanggung-tanggung, pria yang akrab disapa Emil itu bakal memecat dua orang lurah.

Hal itu terungkap di akun Twitter pribadinya @ridwankamil saat menjawab salah satu pertanyaan dari warga pemilik akun @bagusmachdianto.

"@ridwankamil pak Wali tolong tindak tegas lurah yang melakukan pungli," tulis Bagus, Selasa (12/4/2016) kemarin.

"Ada 2 lurah yang akan dipecat dalam waktu dekat. nuhun," jawab Ridwan Kamil.

Saat dikonfirmasi wartawan, pria yang akrab disapa Emil ini membenarkan rencana tersebut. Dia mengaku terpaksa memecat dua lurah itu lantaran terbukti melakukan pungutan liar (pungli) kepada warga.

"Saya sampaikan pas pengumuman, sudah ditemukan bukti-bukti pungli," ucap Emil saat ditemui di Park Hotel, Jalan PHH Mustopa, Rabu (13/4/2016).

Emil menjelaskan, persoalan integritas pejabat pemerintah tengah jadi fokus pembenahan. Bahkan, dalam tiga bulan terakhir, dia kerap memverifikasi laporan warga soal kinerja aparat kewilayahan.

"Sudah dalam 2-3 bulan ini kan setiap laporan masyarakat kami tindaklanjuti diverifikasi inspektorat, yang terbukti bersalah juga sudah mengaku," tuturnya.

Emil memperingatkan kepada para pejabat di lingkungan pemerintah Kota Bandung agar tak macam-macam dalam hal integritas.

"Tidak ada maaf, pemecatan dilakukan dalam waktu dekat, bulan ini," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com