Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

47 Rumah Rusak akibat Angin Puting Beliung di Lombok Barat

Kompas.com - 30/09/2020, 22:38 WIB
Idham Khalid,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

LOMBOK BARAT, KOMPAS.com - Angin puting beliung yang menerjang Desa Badrain, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, mengakibatkan 47 rumah warga rusak, Rabu (30/9/2020).

Kepala Desa Badrain Romi Purwandi menyampaikan, lokasi kejadian berada di dua dusun yakni Badrain Barat, dan Badrain Timur.

"Total rumah warga yang rusak 47, ada 9 rusak berat, 8 rusak sedang, dan 31 rusak ringan," kata Romi, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu.

Baca juga: Komnas HAM Minta ITDC Setop Pembanguan di Lahan Sirkuit MotoGP yang Bersengketa

Romi mengatakan, kejadian bermula sekitar pukul 15.00 Wita di mana sebelum hujan, terjadi angin yang sangat besar hingga mengakibatkan atap rumah warga terbang.

"Warga panik, sebelum hujan besar, anginnya besar sekali, atap-atap rumah warga habis terbang, bahkan ada juga temboknya roboh," kata Romi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dari bencana alam ini, semua keluarga yamg rumahnya rusak masih dalam keadaan selamat.

Romi menyebutkan, hingga kini, para korban sudah dievakuasi menuju tenda-tenda darurat dan ada juga yang diungsikan ke rumah tetangga dan keluarga.

Baca juga: Bawa Celurit Buat Dipamerkan ke Pacar, Pemuda Ini Ditangkap

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, BPBD, maupun dari Pemprov NTB untuk tindak lanjut penanganan bencana tersebut.

Adapun kebutuhan yang diperlukan warga sekarang, seperti makanan siap saji, selimut, bantal dan kebutuhan mendesak lainnya.

Kepala Seksi Logistik BPBD Lombok Barat Tohti menyampaikannya, pihaknya telah mendistribusikan sejumlah bantuan kepada korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com